Pengisian E-Filling SPT – Tax Center Universitas Ciputra dengan KPP Sukomanunggal

Pengisian E-Filling SPT – Tax Center Universitas Ciputra dengan KPP Sukomanunggal

Pojok Pajak adalah event yang diadakan oleh Tax Center Universitas Ciputra yang bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) daerah Sukomanunggal. Pojok Pajak merupakan event pengisian SPT melalui E-Filling on the spot yang dibantu oleh pihak KPP Sukomanunggal. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi efektif bagi masyarakat dalam pengisian SPT. Event ini diadakan bukan hanya terbatas pada staff UC saja, melainkan masyarakat umum juga agar SPT terisi dengan baik dan tidak membuat antrian yang sangat panjang di kantor pajak.

Event ini berlangsung di dua hari dan lokasi yang berbeda. Hari pertama berlangsung pada Minggu, 25 Februari 2018 di Gereja Katolik Santo Yakobus Citraland sedangkan hari kedua berlangsung pada Rabu, 28 Februari 2018 di Lab. Komputer Universitas Ciputra. Event ini diselenggarakan di dua tempat yang berbeda dengan tujuan pada hari pertama diselenggarakan untuk umum, sehingga siapapun yang tertarik dan ingin dibantu dalam pengisian SPT melalui E-Filling oleh pihak KPP Sukomanunggal dan Tax Center Universitas Ciputra dapat langsung datang ke Gereja Santo Yakobus. Sedangkan hari kedua diselenggarakan diutamakan untuk dosen dan staff UC namun tetap terbuka untuk umum bagi siapapun yang mau dibantu dalam pengisian SPT melalui E-Filling.

Pojok Pajak diselenggarakan karena masih minimnya pengetahuan masyarakat akan pengisian SPT melalui E-Filling dan masih banyak yang menggunakan cara konvensional yaitu datang ke kantor pajak yang pada akhirnya malah mengakibatkan antrian yang sangat panjang, padahal sekarang sudah ada teknologi pengisian SPT secara online melalui E-Filling. Dalam pengisiannya setiap orang wajib membawa NPWP untuk di input di web E-Filling, lalu input semua data dan pajak yang ada di NPWP, setelah semua data telah di input dan SPT telah diisi semua selesai. Event ini pertama kali diadakan pada tahun 2017 dan ini merupakan kedua kali event ini diadakan, harapannya event ini akan diadakan setiap tahunnya dan menjadi event wajib tahunan agar semua masyarakat dapat mengisi SPT melalui E-Filling dengan mudah dan lebih efektif.

 

(Kontributor : Octavianus Bastian Adhitama – IBM 2016)