Pengembangan IT Pada Bisnis, Apa Aja Sih Manfaatnya?

Perkembangan teknologi informasi di masa ini sangat pesat. Setiap beberapa bulan, bisa dipastikan akan ada satu tipe smartphone baru yang dirilis. Bahkan fitur-fitur yang ada di dalamnya di-update setiap hari.

Hal ini tentu berpengaruh secara langsung kepada kehidupan manusia. Komunikasi yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini bisa selesai hanya dengan beberapa kali sentuhan. Termasuk dalam dunia bisnis yang memerlukan banyak sekali koordinasi dan komunikasi, peran serta teknologi IT sangat terasa dampaknya.

Penasaran dengan peran pengembangan IT pada bisnis? Simak ulasan berikut sampai selesai.

  1. Membuka akses Informasi

Perkembangan pesat yang terjadi pada bidang IT, membuat informasi yang datang semakin luas dan cepat. Dalam berbisnis, informasi adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, memiliki informasi tentang perusahaan kompetitor akan sangat mempengaruhi kinerja.

Dalam membuka akses informasi dengan cepat inilah peran serta teknologi informasi dalam dunia bisnis sangat terasa. Sebelumnya, untuk mendapatkan hasil tentang survey kepuasan pelanggan dari kinerja yang dilakukan, perlu survei bergerak dari rumah ke rumah.

Sekarang tidak perlu lagi seperti itu, karena survey bisa dilakukan secara online, tanpa harus mengeluarkan biaya besar dan usaha keras. Di sisi lain, anda juga bisa menggunakan perkembangan teknologi informasi untuk melakukan survei pasar, tentang keinginan dan kebutuhan pasar serta, memprediksi pergerakan pasar.

  1. Meningkatkan Penjualan

Penjualan yang hanya dilakukan secara fisik dan langsung, jangkauannya sangat terbatas. Misalkan saja seorang pedagang yang menjual produk baju di sebuah pasar, hanya memiliki jangkauan orang-orang yang pergi ke pasar tersebut secara langsung.

Namun dengan teknologi informasi yang berkembang pesat, keberadaan pasar online sangat membantu untuk meningkatkan penjualan, tidak hanya dari segi kuantitas tetapi juga jangkauan pasarnya.

  1. Promosi Lebih Mudah

Peran pengembangan IT pada bisnis selanjutnya adalah mempermudah promosi. Anda tidak harus mencetak selebaran brosur dan membagikannya kepada orang lewat di jalanan untuk bisa mempromosikan produk.

Cukup dengan desain menarik, anda bisa menggaet banyak calon pembeli dengan menyebarkannya di media sosial yang ramai digunakan target pasar. Misalnya saja anda menyasar para kaum milenial dan generasi Z, tentu anda akan mempromosikan produk anda di media sosial seperti Instagram.

Berbeda lagi ketika anda hendak mempromosikan produk pada kaum bapak-bapak dan ibu-ibu yang cenderung lebih suka menggunakan facebook. Dengan menggunakan media yang tepat, promosi yang dilakukan akan lebih tepat sasaran.

  1. Koordinasi Efisien

Peran teknologi informasi untuk bisnis yang sangat terasa berikutnya adalah efisiensi dalam melakukan komunikasi. Anda tidak harus bertemu secara langsung dan tatap muka untuk mengoordinasikan sesuatu.

Dengan adanya teknologi informasi yang maju pesat, koordinasi yang harus anda lakukan bisa terjalin via aplikasi komunikasi seperti whatsapp. Meskipun memang koordinasi secara langsung tentu lebih baik untuk dilakukan, akan tetapi dengan menggunakan peran teknologi informasi, anda bisa melakukannya dengan lebih leluasa.

Karena koordinasi antara satu bidang dengan bidang yang lain akan sangat memengaruhi kinerja keseluruhan. Ketika ada miskomunikasi dan beberapa koordinasi tidak dijalankan, sebuah proyek bisa tertunda untuk waktu yang cukup lama.

Tidak hanya koordinasi secara horizontal saja, koordinasi secara vertikal antara atasan dengan bawahan dalam perusahaan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien ketika menggunakan peran teknologi informasi.

Itulah ulasan peran pengembangan IT pada Bisnis yang bisa anda temukan di masa kini.

Artikel lain