Pelajari Strategi Marketing Dengan Platform Berkelas Internasional

Pelajari Strategi Marketing Dengan Platform Berkelas Internasional

Memasuki era persaingan bisnis yang kian kompetitif mengharuskan para pebisnis harus senantiasa memperluas wawasan, peka terhadap perubahan yang ada disekitarnya dan mampu membuat keputusan. Untuk itu Mahasiswa IBM Universitas Ciputra mempraktekkan sebuah web based platform dalam simulasi bisnis. Platform ini bernama Markstrat, sebuah simulasi bisnis yang juga dipakai di berbagai universitas ternama di dunia.

Markstrat ini adalah simulasi bisnis berbasis web di mana kelompok-kelompok mahasiswa yang berbeda bermain melawan satu sama lain di bawah kondisi pasar yang dirancang secara realistis. Pemain harus dapat mengembangkan produk mereka yang sudah ada dan pemenangnya adalah tim yang memiliki kinerja terbaik. Dalam menjalankan simulasi ini mahasiswa ditantang untuk dapat mengolah informasi, bijak menggunakan sumber daya yang terbatas, dan mampu membuat keputusan dalam sebuah tim.

Tim N menjadi pemenang dalam perlombaan ini, Ricky selaku perwakilan menuturkan, “Markstrat adalah simulasi dimana kita akan mempraktekkan apa yang kita perlajari dikampus.  Saya pikir simulasi ini sangat bermanfaat. Kendala yang kami hadapi adalah dim kita belum menguasai sepenuhnya mengenai data-data yang dibutuhkan untuk marketing seperti simantic scalling, multi dimensional, dll”. demikian jelasnya.

Ada tips dari pemenang, bagi yang akan menjalankan simulasi ini :

  1. Kita harus membaca informasi dan memahaminya agar dapat memilah mana informasi yang berguna dan dapat diterapkan dalam bisnis kita
  2. Pelajari karakter segmen yang dituju
  3. Selain melihat persaingan saat ini, kita juga harus menyiapkan strategi kedepan untuk mengantisipasi perubahan
  4. Dalam 1 kelompok harus ada 1 pengambil keputusan yang memegang visi perusahaan, sehingga sudah ada gambaran atas keputusan langkah yang diambil

Bukan hanya pemilihan pemenang yang ditikberatkan dalam kegiatan simulasi bisnis ini, namun tambahan ilmu dan pengalaman dalam penerapan strategi bisnis adalah hal yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa nantinya untuk menjalankan real business yang dimiliki, terutama mengenai pengambilan keputusan strategi marketing.

IMG_9374IMG_9349