Pekerjaan Jurusan Ilmu Komunikasi yang Bisa Jadi Entrepreneur

Pekerjaan jurusan ilmu komunikasi sangat luas. Tidak harus selalu bekerja di media seperti koran, TV, atau radio, tapi juga bisa bekerja dalam bidang lainnya yang selama ini belum banyak digeluti. Salah satunya adalah dengan menjadi entrepreneur atau wirausaha.

Pekerjaan sebagai wirausaha juga tidak kalah mentereng dibandingkan pekerjaan kantoran. Sekalipun Anda lulusan jurusan Ilmu Komunikasi, berwirausaha bukan sesuatu yang tidak mungkin. Berikut beberapa pilihan karier untuk Anda!

Public Relation

Anda yang mengambil studi Ilmu Komunikasi pasti belajar hubungan masyarakat atau public relation. Ini  program yang mempelajari tentang membangun citra sebuah perusahaan di mata orang-orang secara eksternal, baik masyarakat sekitar, pemerintah, dan lain sebagainya.

Setelah lulus, ini bisa dijadikan karier yang menjanjikan. Anda akan membantu sebuah perusahaan atau wirausaha dalam berkomunikasi dengan media, membentuk citra baik, sampai membantu urusan promosi.

Social Media Management

Saat menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, Anda akan belajar soal advertising & digital communication. Dalam masa ini, Anda akan belajar berpikir kreatif dan bagaimana membuat konsep juga konten digital.

Prospek dari pembelajaran ini adalah bisa bekerja sebagai social media management. Anda akan mengelola akun media sosial sebuah perusahaan atau usaha milik sendiri, guna menarik perhatian dari calon klien. Namun, Anda juga dituntut mengikuti trend yang terus berkembang.

Content Creator

Selain sebagai social media management, pekerjaan jurusan ilmu komunikasi yang termasuk sebagai entrepreneur adaah content creator. Membuat konten yang dibagikan melalui kanal YouTube atau Instagram di saat ini bisa mendatangkan pendapatan yang besar.

Ada yang namanya jasa brand ambassador yang menjadikan Anda salah satu ikon sebuah brand, atau Anda juga bisa menjadi influencer marketing. Apalagi selama kuliah Ilmu Komunikasi, Anda juga belajar fotografi yang bisa mendukung job satu ini.

Desainer Grafis

Tugas seorang desaine grafis atau yang juga disebut graphic designer adalah mengedit foto, membuat tipografi, menggambar ilustrasi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan konten guna media sosial atau kepentingan sebuah perusahaan.

Desainer grafis bisa mendirikan kantor sendiri tanpa perlu modal besar. Asal punya kemampuan dan peralatan lengkap seperti laptop dan jaringan internet, pekerjaan bisa dilakukan. Banyak kampus dengan program ilmu komunikasi juga memberikan ilmu desain grafis.

Marketing communication

Dalam jurusan ilmu komunikasi, nantinya Anda akan dibekali dengan komunikasi pemasaran. Nah, ini bisa dijadikan karier yang menjanjikan di kemudian hari, apalagi jika Anda ingin menjadi emtrepreneur andal. Marketing communication misalnya.

Tugas seorang marketing communication adalah membuat iklan yang bisa dengan cepat diterima dan dimengerti masyarakat, menyampaikan informasi mengenai produk yang dipasarkan, sampai kegiatan PR dari sebuah perusahaan.

Event Organizer

Apabila Anda memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang lihai, mampu menyampaikan ide dan nasehat dengan baik, serta mampu menyusun dan mewujudkan sebuah acara mulai dari awal sampai akhir dengan sukses, job terbaik Anda mungkin adalah event organizer.

Nantinya Anda akan bekerja sama dengan vendor serta klien untuk membuat sebuah acara penting seperti konser, pengumpulan dana untuk amal, dan lain sebagainya. Membentuk EO memang tidak sederhana, tapi lulusan Ilmu Komunikasi didorong memiliki relasi yang banyak.

Lulusan ilmu komunikasi bukan menjadi alasan Anda tidak bisa menjadi entrepreneur. Justru karena bidang studinya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, Anda bisa menjadi apa pun yang diinginkan, termasuk salah satu dari pekerjaan di atas.

Referensi:
https://www.thebalancecareers.com/best-jobs-for-aspiring-entrepreneurs-4160409
https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/21124901/8-kemampuan-yang-kamu-pelajari-di-prodi-ilmu-komunikasi?page=all#page2
https://rencanamu.id/cari-jurusan/humaniora/ilmu-komunikasi

Menu