Pancasila sebagai Ideologi Terbuka bagi Generasi Muda

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka bagi Generasi Muda

School of Entepreneurship and Humanities (SEH) Universitas Ciputra telah mengadakan kuliah umum bagi para mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Di dalam kuliah umum ini mengusung tema mengenai Pancasila yang cukup menarik, yaitu “Pancasila Bagi Generasi Muda”. Kuliah umum dengan tema Pancasila ini sengaja diambil karena selain sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi generasi muda pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya, juga merupakan salah satu langkah konkret yang diambil oleh Universitas Ciputra untuk menyadarkan kembali arti dari Pancasila bagi generasi muda.

Adapun pembicara-pembicara yang dihadirkan untuk memberikan perkuliahan dan menyampaikan tema kuliah umum tentang Pancasila ini adalah Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno SJ., (Guru Besar Filsafat dan Etika Politik –STF Driyakarya), dan Prof. Dr. Armada Riyanto CM., (Rektor dan Guru Besar Filsafat dan Etika Politik – STFT Widya Sasana Malang). Keduanya membagikan ilmu mengenai dasar Pancasila dan bagaimana penerapannya kepada para mahasiswa.

IMG_9066Pancasila itu sendiri, memiliki banyak arti dan pemahaman untuk berbagai bidang kecintaan dan landasan tanah air. Selain fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara, masih banyak fungsi dari Pancasila. Yaitu seperti Pancasila sebagai paradigma pembangunan, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa, Pancasila sebagai sumber nilai, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai kepribadian Bangsa, Pancasila sebagai ideologi terbuka, dan masih banyak lagi pandangan mengenai arti Pancasila bagi Negara.

Dimulai dari teks Pancasila yang memuat 5 poin utama yang padat dan jelas, kemudian darisana dapat ditarik kesimpulan serta arti Pancasila dari masing-masing poin maupun secara keseluruhan. Maka dari itu, sangat diperlukan pendidikan kewarganegaraan yang harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini pada setiap generasi penerus Bangsa. Agar generasi penerus Bangsa dapat memahami isi Pancasila dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari maupun bermasyarakat serta bersosialisasi dengan orang lain.

Hal yang perlu diketahui, walaupun Pancasila memiliki 5 poin utama dimana masing-masing poin tersebut dapat diartikan dan diterjemahkan dengan lebih mendalam, namun perlu dipahami bahwa Pancasila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan maupun dipecah-pecah. Pancasila mengakar menjadi hal yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia, yaitu fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup. Dimana setiap orang dan rakyat Indonesia harus mengetahui tentang nilai Pancasila bagi Bangsa.

Dengan Pancasila sebagai dasar Negara, diharapkan bahwa generasi muda Indonesia dapat menjunjung tinggi nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai pondasi kokoh demi terwujudnya persatuan Bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *