Pameran Koleksi (Keris & Asesorisnya) dari Museum Gubug Wayang Mojokerto

Pameran Koleksi (Keris & Asesorisnya) dari Museum Gubug Wayang Mojokerto

Saat ini di Library lounge sedang diadakan pameran koleksi (keris dan asesorisnya) dari Museum Gubug Wayang Mojokerto. Pameran ini merupakan kerjasama pihak Universitas Ciputra Surabaya dengan Museum Gubug Wayang Mojokerto yang diawali dengan kunjungan oleh jajaran rektorat UC pada Agustus lalu.

Adanya Museum Gubuk Wayang ini terinspirasi dari seorang pemuda yang bernama Pak Yansen, dari muda beliau sudah memiliki semangat nasionalisme dan mencintai Indonesia. Koleksi yang awalnya 3×3 m persegi, kini Museum ini memiliki koleksi yang beragam mulai keris, wayang, topeng, mainan tradisional, terakota dan lain-lain. Apa yang ada di Gubuk Wayang diharapkan dapat menjadi warisan di masa yang akan datang.

Diharapkan masyarakat mendapat informasi dan value dibalik sebuah benda sejarah, sehingga masyarakat masa kini bisa memahami mengenai perkembangan, perbedaan hingga ragam fungsi dan bentuknya. Kita harus berani karena kita adalah pewaris budaya Indonesia, kita pun harus menyadari bahwa benda sejarah ini memiliki keindahan dan nilai yang sangat berharga.

Beberapa koleksi Museum Gubug Wayang dapat dinikmati di UC Library Lounge hingga 5 November 2018 nanti.