Orang Tua Harus Belajar Psikologi Anak Untuk Perkembangan Mental Mereka

Mengembangkan mental anak adalah hal yang penting dalam pertumbuhan mereka. Pengembangan mental akan membentuk sikap dan pola pikir anak sejak masih kecil. Jika sudah memiliki mental baik, mereka akan jauh lebih baik dalam menghadapi dunia. Untuk bantu anak mengembangkan mental yang baik, para orang tua wajib belajar psikologi anak sejak dini!

Bagaimana Cara Belajar Psikologi Anak?

Belajar psikologi anak sendiri lebih mudah daripada belajar psikologi anak secara general. Untuk mengetahui psikologi anak dan pola pikir mereka, orang tua cukup lakukan observasi dan melakukan pendekatan saja. Jika ingin cara yang lebih jelas, berikut adalah penjelasannya:

Baca dan Lihat Video Tentang Psikologi Anak

Cara pertama yang sangat dianjurkan adalah baca banyak material seputar psikologi anak. Material ini bisa berupa artikel, buku atau bahkan video penjelasan. Menggunakan pengetahuan tersebut, Anda aplikasikan pada anak Anda sendiri agar lebih memahami pola pikir dan status mental mereka.

Coba Luangkan Banyak Waktu dengan Anak

Meluangkan waktu dengan anak untuk sekedar bermain, menonton film bersama, jalan – jalan ataupun makan bersama sudah baik untuk memahami psikologi anak Anda. Semakin banyak luangkan waktu, semakin Anda mudah observasi pola pikir dan sikap mereka. Menggunakan informasi ini, Anda akan lebih paham nantinya bagaimana cara komunikasi yang efektif kepada si kecil.

Sharing dan Saling Bercerita

Untuk belajar psikologi anak, coba saling interaksi dalam bentuk sharing dan cerita. Misal pengalaman bermain dengan teman, pengalaman tentang kegiatan di sekolah, cerita seputar imajinasi dan berbagai hal lainnya.

Semakin anak membagi cerita pengalaman, Anda bisa perhatikan apa saja yang berkesan bagi mereka. Dari sini, Anda bisa catat topik yang mereka suka dan pola pikir mereka dalam berinteraksi dengan orang lain. Jika cerita berupa khayalan dan imajinasi, informasi ini akan permudah Anda mengarahkan imajinasi tersebut ke arah positif. Contoh dengan menggambar ataupun membuat karya kerajinan tangan.

Biasakan Sensitif Pada Perubahan Sikap dan Mood Si Anak

Sebagai orang tua, Anda harus mengenal mood dan sikap anak. Mereka yang masih kecil akan mudah berubah sikap dan moodnya karena masih belajar berbagai hal baru. Jika memahami apa penyebab perubahan mood dan sikap ini, Anda akan lebih mendalami psikologi si anak. Semakin Anda kenal, makin mudah juga Anda mengarahkan mereka sesuai dengan perubahan mood dan sikap tersebut.

Contoh saja saat mencoba makan sayuran. Hal ini sehat untuk tubuh anak tapi si anak tidak terlalu suka. Pastikan cari tahu apa yang menyebabkan mereka tidak suka. Jika tahu penyebabnya, misal rasa pahit, Anda bisa cari solusi jalur lain. Contoh saja memilih masakan dengan rasa enak tapi tetap menggunakan sayur tersebut. Hal ini akan mengajarkan anak tidak terlalu pilih – pilih makanan karena bisa saja rasanya enak setelah dicoba.

Jadilah Orang Tua yang Mampu Membimbing Anak Secara Jasmani dan Mental

Cara belajar psikologi anak di atas adalah proses. Anda tidak akan selalu berhasil membaca situasi psikologi anak sekali mencoba teknik tersebut. Anda harus belajar sendiri kebiasaan dan pola pikir mereka dalam suatu situasi.

Semakin Anda mengerti apa yang diinginkan anak, selera aktivitas mereka, talenta yang ditunjukan dan bahkan sesuatu yang mereka benci, Anda dengan mudah dapat membentuk metode pembelajaran yang pas. Menggunakan metode pembelajaran yang pas, anak pasti lebih cepat berkembang dan merasa didukung oleh orang tua mereka.

Artikel lain