Ngabubur-IT “Asiknya buka puasa bareng Arief Mohammad”

Ngabubur-IT “Asiknya buka puasa bareng Arief Mohammad”

Jurusan Information Multimedia Technology (IMT) dan Business Information System (BIS) Universitas Ciputra (UC) mengadakan acara “Ngabubur-IT” di SMA Negeri 5, Surabaya pada hari sabtu (28/07). Ada 2 acara yang di adakan oleh kedua jurusan ini, yaitu workshop dan talkshow bersama dengan Arief Mohammad. Acara ini berlangsung dari jam 13.30 hingga 19.30 WIB.

Acara ini dimulai dengan workshop yang diberikan oleh masing-masing jurusan (IMT dan BIS). Sejumlah 56 siswa dari berbagai SMA, menjadi peserta workshop. Workshop yang diberikan berupa pelatihan pembuatan video animasi 3D oleh jurusan IMT dan Business Intelligence oleh jurusan BIS. Pembuatan video animasi ini menggunakan program “Alice” dimana para peserta dapat berkreasi dengan mudah untuk pembuatan video animasi 3D. Tujuan dari workshop ini, yaitu mengenalkan dunia IT-Multimedia yang mengandung unsur gambar, animasi 3D, teks, karakter, dan suara. Sedangkan yang Business Intelligence, para peserta diberi pelatihan bagaimana cara untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan menyediakan akses pada data denga menggunakan aplikasi dan teknologi, untuk membantu kalangan pengguna agar dapat mengambil keputusan dengan lebih baik dan tepat. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang dapat mendukung suatu keputusan, seperti pengaturan letak produk, penentuan barang promo, penentuan harga produk, penentuan bonus, dan lain-lain.

Di dalam acara workshop ini, ada kompetisi untuk memenangkan uang total 3 juta rupiah dari masing-masing jurusan, dimana mereka mengompetisikan peserta mana yang paling kreatif untuk pembuatan video animasi dan siapa yang mampu menganalisa atau mengolah data yang paling tepat.

Setelah acara workshop, dilajutkan dengan talkshow bersama Arief Mohammad (lahir dengan nama Muhammad Arief Yakoeb) yang akrab dipanggil “poconggg”. Dia merupakan seorang penulis buku jenaka asal Indonesia dan juga  dikenal sebagai selebriti Twitter dengan akun twitternya “@poconggg”. Buku pertamanya berjudul Poconggg Juga Pocong masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan seikat Pocong yang galau tapi senang menghibur. Blognya diberi judul www.poconggg.com dan mulai aktif sejak bulan Oktober 2010. Sampai saat ini, blog tersebut telah dikunjungi lebih dari 3 juta orang.