Seiring dengan perkembangan Industri 4.0, dunia bisnis mengalami perkembangan yang begitu pesat dengan adanya perkembangan teknologi. Dunia bisnis semakin ke arah digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kini berbagai jenis usaha memanfaatkan pemasaran dan penjualan produk atau jasa bahkan pengelolaan bisnis secara digital atau online memanfaatkan internet.

Pada 12 Februari 2020, Sekolah Menengah Atas Cita Hati (East) mengadakan kunjungan ke Universitas Ciputra dalam rangka program belajar di luar sekolah untuk mengenal dan mengembangkan jiwa entrepreneurship dari siswa-siswi mereka. Selain mempelajari bagaimana membangun sebuah bisnis baru tentunya para siswa juga harus mempelajari bagaimana mengelola bisnis mereka melalui “ERP dan Simulasi Proses Bisnis”. Materi ERP dan Simulasi ini dibawakan oleh para dosen ERP (Pak Adi, Pak Rinabi, Pak James, dan Pak Yosua) dari Program Studi Sistem Informasi (ISB) dan dibantu oleh mahasiswa-mahasiswi ISB.

Ibu Felicia Tjokroaminjaya selaku guru pendamping SMA Cita Hati (East) berharap dengan adanya simulasi proses bisnis dengan permainan ini para siswa SMA Cita Hati tidak hanya dapat memahami bagaimana mengelola bisnis tetapi juga menanamkan kepada para siswa untuk dapat memahami serta menghargai upaya dan kerja keras orang tua mereka untuk mengelola sebuah bisnis.

Saat ini para mahasiswa ISB dan dosen berupaya untuk mengenalkan ERP serta proses bisnis melalui permainan simulasi ini. Setiap tahunnya Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (SU ISB) mengadakan Lomba ISB simulator dengan menggunakan simulator ini yang biasanya dikenal dengan EPIC (Enterprise Resource Planning Competition). Kompetisi ini telah berlangsung selama 2 tahun sejak tahun 2018, pada tahun 2020 ini tidak hanya kompetisi tetapi Mahasiswa ISB juga mengadakan workshop untuk memberi pelatihan serta mengenalkan sistem ERP kepada siswa – siswi SMA dan diharapkan dapat mengikuti lomba EPIC dan memenangkan hadiah menarik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai EPIC dapat dilihat di instagram @uc_sisteminformasi atau @ucepic.

Editor: Kezia

Menu