Modifikasi perilaku dan pemanfaatannya dalam proses mendidik anak secara efektif

Modifikasi perilaku dan pemanfaatannya dalam proses mendidik anak secara efektif

Kuliah Tamu PSY kali ini merupakan kuliah tamu dari kelas Learning Process & Modification Behavior. Dalam beberapa mata kuliah psikologi, para dosen PSY memang membuat variasi belajar dengan disisipkannya beberapa kuliah tamu dan mengundang pembicara dari luar yang expert di bidangnya masing-masing. Dengan adanya kuliah tamu yang mengundang beberapa pembicara dari luar, para mahasiswa dapat menambah pengetahuannya lebih lagi akan lingkungan sekitarnya. Kuliah tamu ini di ikuti oleh mahasiswa PSY angkatan 2016 dan 2017.

Kuliah tamu dengan topik pembahasan Modifikasi Perilaku Dan Pemanfaatannya Dalam Proses Mendidik Anak Secara Efektif ini mengundang Bapak Toninardi Wijono, S.Psi, CBA sebagai pembicara. Beliau merupakan seseorang yang cukup sering terlibat dalam beberapa kegiatan pemulihan pada anak. Salah satu contoh kegiatan yang pernah beliau ikuti adalah kegiatan pemulihan pada anak korban bencana alam di Pacitan dan Bali. Beliau menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan modifikasi perilaku dan bagaimana proses penerapannya pada proses mendidik anak.

Bapak Toninardi Wijono, S.Psi, CBA sebagai pembicara

Kuliah tamu ini berlangsung pada hari Kamis, 12 April lalu di UC Theatre lantai 7 pada jam nge-TEH PSY. Nge-TEH merupakan singkatan dari Thursday Eureka Hour. Dalam hal ini, maka setiap hari Kamis jam 14.10 hingga 16.30 mahasiswa psikologi tidak memiliki agenda perkuliahan apapun dikarenakan pada jam nge-TEH ini akan diadakan beberapa kegiatan kebersamaan ataupun kuliah tamu. Kegiatan yang diadakan pada jam nge-TEH ini sifatnya wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PSY UC.

Kuliah tamu tersebut berjalan dengan menyenangkan. Beliau membawakan proses perkuliahan ini dengan pembawaan menarik dan energik serta disisipi beberapa permainan kecil. Beliau menyampaikan beberapa poin penting selama kuliah tamu tersebut. Pertama, mendidik anak dibutuhkan sesosok figur yang menginspirasi. Kedua, pentingnya proses mentoring dalam suatu perubahan perilaku pada anak. Beliau menyatakan bahwa tanpa adanya pendampingan atau mentoring dalam perubahan perilaku pada anak, hasilnya tidak akan maksimal. Selain poin-poin tersebut, beliau juga menyampaikan berbagai data menarik mengenai pendidikan anak, mulai dari pengaruh usia anak, metode pengajaran hingga cara pendekatan kepada anak.

 

Kontributor : Leonora Jeanifer – PSY 2016