Minuman Segar Menyehatkan ala-ala Mahasiswa Semester 1

Minuman Segar Menyehatkan ala-ala Mahasiswa Semester 1

Rasa segar syarat kandungan Vitamin C dan mineral ini ternyata produk buatan mahasiswa International Food Technology (FTO) semester 1. Penelitian dan proyek pembuatan minuman kesehatan berbahan baku utama buah nanas ini mendapat bimbingan langsung dari Oki Krisbianto, S.TP., M.Sc., dosen FTO sekaligus dosen pembimbing kegiatan mahasiswa. Tidak kurang dari 150 pack produk minuman ini sudah laku terjual dikalangan sendiri. “Kita jual dikalangan sendiri sambil tes pasar untuk tahu potensi produk ini dipasaran”, jelas Oki. Untuk sementara produk ini masih belum di beri brand tertentu.

Penelitian ini dimulai sejak awal Oktober lalu dengan memanfaatkan buah nanas yang banyak dijumpai sepanjang masa karena bukan buah musiman Harga ekonomi ekonomis dan kandungan vitamin dan gizi didalamnya menjadikan buah nanas menjadi pilihan dalam proyek penelitian ini.

Menurut Oki, pada umumnya mahasiswa semester 4 atau 5 baru belajar pengolahan sebuah produk hingga penjualan, namun di UC dari semester I mereka sudah diberi kesempatan membuat produk dan tentu saja dalam prosesnya didampingi oleh dosen. “Saya melihat antusias mahasiswa dalam proyek ini. Weekend pun mereka nge-lab lhoo”, ujarnya. “Masih semester 1 tapi bisa mengolah sebuah produk itu luar biasa. Proses tanggap dalam melakukan analisa dan membaca peluang bisnis kami coba tanamkan sejak awal pembelajaran”, jelasnya. Oki memaparkan bahwa untuk proyek ini mahasiswa lebih banyak belajar cara pengolahan, pengemasan dan penyimpanan sebuah produk.