Mengupas Seluk-Beluk Penyiaran dan Cyber Crime

Mengupas Seluk-Beluk Penyiaran dan Cyber Crime

(12/9) Jurusan Integrated Psychology and Entrepreneurship (UC) mengadakan seminar yang bertajuk “Mengupas Seluk-Beluk Penyiaran dan Cyber Crime”  dengan mengundang dua narasumber yang merupakan ahli di bidang penyiaran dan cyber crime, yaitu  Dra. Dyva Claretta, M.si. dari Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur (KPID)  dan Kompol Bambang Suyanto, S.H. yang merupakan seorang Kanit Divisi Cyber Crime Polda Jawa Timur.

DSC_2079

 

Tujuan dari diadakannya seminar yang mengupas mengenai  peran media ini adalah untuk menunjukan kepada para mahasiswa akan bahaya yang ditimbulkan oleh media serta cara-cara menanggulanginya. Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi oleh Dyva Claretta yang menjelaskan mengenai peraturan penyiaran yang ada di Indonesia. Ditegaskan oleh Dyva bahwa KPID akan dengan tegas memberikan teguran hingga sanksi pelarangan penyiaran apabila media massa terbukti menyiarkan hal-hal yang tidak pantas seperti kekerasan, tindakan seksual serta penayangan adegan merokok maupun adegan mengkonsumsi alkohol.  Beliau juga memberikan beberapa contoh pelanggaran yang telah dijatuhi sanksi kepada mahasiswa. Dyva menutup sesinya dengan harapan agar para mahasiswa dapat secara aktif bekerja sama dengan KPID untuk turut mengawasi tayangan-tayangan di media yang sekiranya dapat membawa dampak buruk bagi generasi muda bangsa.

DSC_2055

Sesi kedua dibawakan oleh Kompol Bambang Suyanto. Beliau yang bekerja di satuan cyber crime ini dengan lugas menjelaskan apa sebenarnya cyber crime itu, bentuk-bentuk cyber crime serta cara melindungi diri agar tidak menjadi korban cyber crime. Beliau juga menunjukan kepada para mahasiswa beberapa kasus yang tengah ditanganinya. Senada dengan Dyva, Kompol Bambang juga mengharapkan kepada para mahasiswa agar secara aktif melaporkan segala bentuk cyber crime yang mereka ketahui. Beliau menghimbau kepada para mahasiswa agar menjadi pengguna media yang cerdas, menjauhi segala bentuk cyber crime serta menjaga diri sendiri agar tidak menjadi korban cyber crime.

DSC_2083