Mengenal Sekilas Tentang SEM dan Manfaatnya

Selama ini, ada banyak pembahasan tentang SEO (Search Engine Optimization), mengenai bagaimana artikel di dalam sebuah website atau situs bisa untuk muncul pada hasil mesin pencarian dengan kueri atau kata kunci yang tertentu. Namun, tahukah Anda jika ada cara yang lain untuk membuat artikel Anda muncul di halaman pertama pencarian? Cara itu adalah metode SEM (Search Engine Marketing).

Jika pada prinsipnya, SEO mencoba untuk datangkan traffic pada suatu website tanpa harus membayar serta andalkan optimasi halaman maupun link terkait artikel tertentu, maka SEM merupakan cara untuk datangkan traffic dengan membayar ke platform periklanan.

Seperti yang diketahui jika sekarang ini persaingan era digital semakin ketat, ada banyak perusahaan yang bermain SEO sudah dari lama, kemudian bagaimana dengan perusahaan baru atau rintisan yang bisnisnya juga dikenal tapi nama perusahaan bahkan tak muncul pada mesin pencari karena kalah saing? SEM adalah jawaban dan solusi untuk hal tersebut. Nah, berikut adalah pembahasan yang lebih lanjut mengenai apa itu SEM.

SEM atau Search Engine Marketing

Seperti yang disebutkan di atas, SEM merupakan sebuah cara yang berbayar untuk bisa datangkan traffic pada sebuah website. SEM pun bisa dikatakan membeli traffic dengan cara membayar pada perusahaan yang bergerak pada bidang Advertising, contohnya Google Ads.

Sebagai Marketer, tentu Anda dapat untuk lakukan bidding pada satu ataupun beberapa kata kunci (keyword) yang diinginkan, di mana kata kunci itu sesuai dengan layanan perusahaan. Tujuannya supaya audiens yang cari kata kunci tersebut dapat untuk masuk ke website yang diiklankan ke layanan Google Ads.

Di SEM ada beberapa format yang dapat untuk digunakan, misalnya saja Teks, Product Listing Ads / Shopping Ads. Iklan pada format ini tampilkan produk, harga, sampai review atau ulasan produk yang tengah diiklankan. Biasanya para marketer yang hendakpasang iklan di dalam bentuk teks, memanfaatkan beragam platform, seperti Bing, Google Ads, sampai Yahoo Gemini. Namun, sekarang ini Google Ads lebih banyak dan populer digunakan dibandingkan layanan yang lain.

Manfaat-Manfaat SEM bagi Bisnis

Setelah mengetahui tentang apa itu SEM, selanjutnya yang perlu diketahui adalah berbagai manfaatnya untuk bisnis. Nah, berikut beberapa manfaat SEM tersebut:

  • Market yang Tersegmentasi

Pemakaian SEM secara langsung dapat untuk berikan peluang untuk marketer bisa sampaikan iklan ditayangkan langsung ke audiens yang telah tersegmentasi secara lebih spesifik. Jadi, iklan yang muncul menjadi tak pernah percuma dan sia-sia. Contohnya, saat seorang marketer mempunyai produk yang berkaitan cat tembok rumah misal, maka dia bisa untuk langsung lakukan bidding pada kata kunci Jual Cat Tembok. Lalu lebih dari itu, kata kunci pun bisa langsung mengarah ke kota yang tertentu dengan spesifik, contohnya Jual Cat Tembok Yogyakarta.

  • Hasil yang Cepat

Tidak seperti SEO yang membutuhkan waktu lumatan lama, bahkan sampai beberapa bulan untuk bisa dapatkan leads, dengan SEM halaman iklan akan bisa secara langsung muncul di halaman pertama Google serta langsung terlihat audiens. Dengan terdapat analytic di platform periklanan, Anda bisa untuk lihat langsung laporan seberapa banyak audiens yang sudah lihat serta kunjungi iklan.

  • Budget yang Dapat Disesuaikan

SEM atau Search Engine Marketing pun membantu untuk para marketer bisa sesuaikan pemasangan iklan dengan anggaran atau budget yang dimiliki tanpa perlu khawatir berlebihan. Jadi, saat biaya iklan telah capai ambang batas bujet yang ditentukan, iklan akan secara otomatis berhenti. Mudah bukan?

Nah, demikian pembahasan singkat mengenai apa itu SEM serta beberapa manfaatnya. Bagaimana? Cukup menarik untuk diterapkan, bukan? Selain karena sekarang telah ada platform yang sediakan layanan periklanan, Anda pun tak perlu untuk tunggu waktu yang lama untuk melihat hasil.

Artikel lain
Menu