Meet UC People : Cynthian Sunartio

Meet UC People : Cynthian Sunartio

Memiliki passion yang berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya bukan merupakan sesuatu hal yang salah. Justru hal itu akan membuat seseorang tersebut menjadi unik dan mampu melihat peluang usaha yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Hal inilah yang terjadi pada sosok Cynthian Sunartio. Mahasiswi semester 7 jurusan International Hospitality and Tourism Business (IHTB) Universitas Ciputra ini memiliki sebuah passion yang unik, namun dengan passionnya yang unik tersebut telah membawanya menjadi seseorang yang sukses mengawali karir di usia yang sangat belia. Cynthian memiliki passion untuk mengajari orang lain, hal inilah yang membawanya masuk ke Universitas Ciputra. Di kampus tersebut Cynthian bisa lebih mengeksplore bakat dan minatnya tersebut.

Cynthian adalah sosok yang sangat menggemari video di YouTube. Awal mula Cynthian mengenal YouTube adalah sejak Sekolah Menengah Pertama, sejak itu minatnya pada dunia videografi mulai tumbuh sehingga ketika menginjak bangku Sekolah Menengah Atas, Cynthian telah membuat dan mengupload video pertamanya. Video-video yang diupload Cynthian ke YouTube bertema tentang beauty yaitu tips-tips tutorial kecantikan dan makeup. Cynthian yang sejak kecil telah dikenalkan makeup oleh kakaknya yang juga passion di bidang beauty ini, akhirnya merasa tertarik. ”Awalnya aku tertarik belajar makeup, dan lihat orang belajar makeup ini lewat Youtube. Akhirnya aku tertarik belajar-belajar makeup dan bikin tutorial makeup di YouTube”, kata alumni SMA Santa Maria Surabaya ini. Dalam proses membuat video ini pun Cynthian mempelajarinya secara otodidak. Tidak ada pengetahuan khusus sebelumnya tentang teknik pengambilan gambar, dan lain sebagainya. “Dulu pertama kali syuting sendiri, pakai webcam laptop”, kenang Cynthian. Kesulitan lainnya adalah dulu Cynthian belum terlalu mengerti tentang movie editing dan hanya mengenal teknik editing serta waktu upload video yang lama karena internet yang kurang mendukung.

IMG_7055Bagi Cynthian menjadi seorang beauty YouTubers adalah suatu hal yang seru, “Rasanya menyenangkan karena bisa share apa yang kita seneng, sekaligus bisa ngajarin orang yang gak ngerti juga”, kata Cynthian. Pada awalnya Cynthian masih bingung menentukan ciri khas atau keunikan dari video-videonya, sehingga masih mengikuti makeup influencer. Namun lama kelamaan Cynthian menemukan karakter dalam dirinya, sehingga saat ini semua videonya memiliki keunikan dan ciri khas dari Cynthian. Salah satu keunikan dari video-video Cynthian adalah selalu menggunakan Bahasa Indonesia yang simple dan mudah dipahami, dan tutorial makeupnya lebih kearah Asian beauty. Selain itu Cynthian selalu memperhatikan kejelasan warna dan detail videonya sehingga gambar yang diupload harus cerah dan memiliki warna serta gambar yang jelas. Cynthian mengaku bahwa dia telah memiliki segmentasi viewer sendiri di YouTube. Sejauh ini Cynthian selalu membuat video yang dapat membantu sekaligus disukai oleh viewernya yaitu seperti tutorial makeup yang natural.

Saat ini jumlah subscribers Cynthian di YouTube telah mencapai lebih dari 38 ribu. Kesuksesan Cynthian ini bukannya tanpa kendala sama sekali. Pada awal Cynthian memutuskan untuk masuk ke bidang video di YouTube, banyak anggapan dari teman dan lingkungannya yang meragukan dan menganggap remeh tentang passionnya ini. Tidak sedikit cibiran maupun hinaan yang didapat oleh Cynthian. Dan tidak dipungkiri pada awalnya hal ini telah membuatnya mengalami krisis kepercayaan diri dan kehilangan semangat. Namun menjadi mahasiswa di Universitas Ciputra, membuat Cynthian mendapat dukungan atas passionnya ini. Karena Universitas Ciputra selalu mendukung passion setiap mahasiswanya. Chythian pun akhirnya membawa beauty YouTubenya menjadi sebuah bisnis project.

Dukungan keluarga sangat berarti bagi Cynthian, “Mamaku pernah bilang, apapun yang kamu lakukan kalau nggak melanggar atau illegal, kenapa harus malu?”, kata Cynthian. Dukungan dari keluarga, sahabat, dan dari Universitas Ciputra telah membuat Cynthian semakin mantap dan yakin menekuni profesinya sebagai beauty YouTubers. Prestasi yang pernah diraih oleh Cynthian pun sangat membanggakan. Diantaranya adalah menjadi salah satu juri pada event Beauty Bound Asia, selain itu Cynthian juga telah sering diundang menjadi pembicara dalam seminar seperti Popcon Asia serta Kilau Fest Sunsilk. Kemudian prestasinya lainnya adalah terpilih menjadi 10 besar finalis Pixy Young Inspiring Award pada November 2015 di Jakarta dan keluar sebagai juara 2. Selain itu dalam event yang sama, berhasil menjadi best makeup challenge.

Bagi Cynthian, capaiannya saat ini adalah masih ingin tetap di YouTube dan memiliki banyak pengalaman di bidang beauty, fashion, maupun video motivator bertema womantalk. Saat ini, Cynthian ingin berfokus pada tema beauty dan motivator tersebut. Namun Cynthian memiliki harapan kedepan bahwa suatu saat dia ingin memiliki produk brand makeup line sendiri, selain itu Cynthian ingin lebih banyak menjalin kerjsama dengan berbagai produk kecantikan, dan membuat komunitas perempuan untuk tujuan sharing dan saling memotivasi. Untuk menjadi seorang makeup artis, diakui Cynthian bahwa dia pernah memikirkan untuk mengembangkan skill makeupnya, namun untuk saat ini Cynthian ingin berfokus pada passionnya terlebih dahulu yaitu ingin menginspirasi serta mengajari orang lain.

Bagi para entrepreneur muda, Cynthian memiliki beberapa tips untuk memulai bisnis berdasarkan passion yang dimiliki, “Kita harus tahu passion sendiri, tahu passionmu itu kearah mana. Jangan takut karena tidak ada orang yang berada dipihakmu. Karena suatu saat nanti kalau Kamu sudah bisa membuktikan kalau Kamu berhasil, akhirnya orang-orang akan mengakui” kata Cynthian. Poin yang ingin ditekankan Cynthian adalah tentang passion dan kerja keras. Karena baginya, jika sudah passion, maka akan berhubungan erat dengan kerja keras. “Passion itu penting banget, soalnya kalau gak ada passion, maka Aku gak akan di YouTube dan gak bisa kaya sekarang. Buatlah goal untuk diri kita sendiri, dan lakukan sesuatu yang lebih untuk orang lain”, tutup Cynthian.