Mau Menata Ruang Kantor? Begini Tips Desain Ruangan Kantor Ideal

desain ruangan kantor

Anda merasa jika akhir-akhir ini kurang produktif? Atau Anda merasa cepat bosan dan lelah? Mungkin saja Anda harus menata atau mendekorasi ulang interior ruangan kantor.

Hal ini sama halnya ketika merancang sebuah rumah idaman, menata dan mendesain ruang kantor memerlukan perencanaan yang baik dan matang. Apalagi untuk brand atau merek perusahaan, kantor merupakan representasinya. Tidak hanya akan mewakili merek atau brand, konsep desain interior kantor yang tepat juga akan memberikan pengaruh yang positif di dalam peningkatan dari produktivitas.

Sekarang ini sudah cukup banyak kantor yang menata ruangan dengan lebih ke unsur yang kasual, santai dan menghilangkan unsur yang kaku serta serius. Ruang kantor dibuat dengan senyaman dan semenyenangkan mungkin agar membuat para pegawainya lebih betah berada di kantor. Nah, bagi Anda yang ingin menata atau mendekorasi ruang kantor, berikut adalah beberapa tips desain ruangan kantor yang harus Anda ketahui dan bisa dicoba. Penasaran? Simak pembahasan berikut!

Tips Menata dan Desain Ruangan Kantor

  1. Buat Gaya yang Lebih Kasual

Memang interior ruang kantor cubicle sengaja dibuat supaya para pegawai bisa menjadi lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Tapi, pada era milenial seperti sekarang Anda bisa untuk lebih menonjolkan ciri khas dari diri sendiri yang lebih kreatif, Anda bisa untuk untuk meninggalkan meja kerja yang kaku dan berat, cubicle hingga berbagai pajangan profesional yang keran ada di ruangan kantor.

Anda bisa mulai memilih furnitur dengan gaya kasual. Lalu Anda susun ruangan kantor dengan menerapkan konsep yang terbuka dan lengang. Dengan desain yang menghilangkan cubicle membuat jarak antara atasan dengan bawahan lebih dekat sehingga semua orang di kantor bisa untuk bekerja nyaman tanpa kesan senioritas.

  1. Fungsi Penyimpanan yang Maksimal

Ruangan kantor seiring dengan berjalannya waktu akan mulai untuk dipenuhi dokumen-dokumen yang menumpuk, arsip dan kertas yang bisa sangat mengganggu. Nah, Anda bisa mencoba kantor paperless. Caranya adalah dengan mengoptimalkan penataan penyimpanan atau storage yang tepat.

Misalnya saja Anda bisa untuk menyediakan ruang arsip yang disekat dibandingkan harus membeli lemari arsip. Anda hanya perlu untuk fokus di tata cara pada dokumentasi serta sistem arsip dari awal sehingga ruang kantor akan rapi karena bebas dari tumpukan berbagai kertas yang tidak berguna serta tetap aman.

  1. Buat Dekorasi yang Meningkatkan Produktivitas

Tahukah Anda jika dekorasi atau desain ruangan kantor bisa untuk memicu atau meningkatkan produktivitas? Ya, itu benar. Maka dari itu, Anda harus membuat dekorasi ruangan kantor yang sebaik mungkin. Nah, Anda bisa mulai dengan mendekorasi dinding dengan memakai poster kanvas yang betuliskan kata-kata mutiara atau kata-kata motivasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah beberapa aromaterapi dengan wangi yang tertentu, misalnya saja wangi lavender untuk membantu mengurangi stress.

  1. Terapkan Lighting yang Tepat

Jika Anda tidak bisa untuk merubah susunan ruang kantor lebih banyak, Anda bisa menggunakan cara dekorasi yang satu ini. Anda hanya perlu melakukan instalasi lighting atau lampu yang mempunyai desain menarik dan unik. Dengan posisi lampu yang tergantung secara otomatis akan mempengaruhi kinerja Anda di kantor menjadi tidak terlalu terganggu. Selain itu, pada segi desain, ruangan kantor akan tampak lebih estetik.

Nah, begitulah tips desain ruangan kantor. Ternyata menata dan mendekorasi ruangan kantor tidak bisa asal-asalan karena akan mempengaruhi produktivitas bekerja. Maka dari itu, desain-lah dengan sebaik mungkin ruang kantor Anda supaya kerja lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.bramblefurniture.com/journal/ide-desain-interior-ruang-kantor/
https://www.dekoruma.com/artikel/63205/menata-ruangan-kantor

Artikel lain
Menu