Ulasan Zoominar “Pentingnya Sex Talk dengan Pasangan”

Zoominar “Pentingnya Sex Talk dengan Pasangan” merupakan salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan Dies Natalis Universitas Ciputra yang ke 15. Zoominar yang diadakan bertepatan pada Hari Kesehatan Seksual Sedunia (4 September 2021) ini dipersembahkan oleh Universitas Ciputra Center for Marriages and Families, School of Medicine, dan School of Psychology.

Dalam zoominar, pentingnya komunikasi seksual dibahas dari dua sudut pandang, yaitu kedokteran dan psikologi. Oleh sebab itu, zoominar ini dibawakan oleh 2 narasumber dari bidang kepakaran yang berbeda. Narasumber pertama adalah Dr. Hudi Winarso, dr., M.Kes., Sp.And(K) selaku Dean of School of Medicine Universitas Ciputra. Beliau membahas pentingnya komunikasi sex secara verbal maupun non verbal, pengaruh umur, usia, dan hormon terhadap aktivitas seksual, hingga komunikasi seksual bagi pasutri yang memasuki masa menopause. Narasumber yang kedua adalah Bapak Ersa Lanang Sanjaya, S. Psi., M.Si. selaku dosen School of Psychology Universitas Ciputra, sekaligus fasilitator Universitas Ciputra Center for Marriages and Families. Pak Ersa membahas tentang pentingnya membangun rasa percaya, mood, suasana dan keterbukaan antara suami istri agar dapat komunikasi seks menjadi sehat. Materi kedua pembicara saling melengkapi. Dengan demikian, peserta mendapat pemahaman yang utuh mengenai komunikasi seksual.

“Pentingnya Sex Tak dengan Pasangan” diadakan berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur dan GKT Nazareth Surabaya.  Zoominar kemarin diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari setidaknya 50 daerah.

Kami berharap zoominar ini membantu peserta memahami pentingnya komunikasi sex dalam pernikahan. Komunikasi sexual yang sehat akan membuat pasangan suami istri menjadi lebih dekat, dan hubungan pun menjadi lebih hangat.

2 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed