Ulasan Kegiatan Zoominar: Being Productive at Home

Ulasan Kegiatan Zoominar: Being Productive at Home

Sudah kurang lebih hampir setengah tahun kita memerangi pandemi dengan physical distancing. Meskipun saat ini PSBB di beberapa daerah sudah tidak lagi di terapkan, sebagian dari kita masih tetap bekerja dari rumah. Sebagian besar sekolah di Indonesia juga menerapkan system pembelajaran online di tahun ajaran ini.

Berbulan-bulan harus bekerja dan belajar di rumah tentu membuat jenuh. Apalagi di tengah kondisi kita tidak dapat banyak bepergian seperti dulu. Hal ini juga makin sulit jika rumah kita mungkin tidak didesain untuk bekerja atau belajar.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini Universitas Ciputra Marriage and Family Center bersama Arsitektur Interior Universitas Ciputra akan berkolaborasi mengadakan zoominar dengan tema “Being Productive at Home”. Zoominar ini akan membahas bagaimana rasa bosan dengan lingkungan rumah akan menurunkan produktivitas, semangat bekerja, serta motivasi belajar anak. Dan tidak berhenti di sana, zoominar ini akan memperlengkapi peserta dengan tips menata ruang dan mengatur pencahayan di rumah dengan baik sehingga dapat mendukung produktivitas.

Melalui zoominar ini, peserta mendapatkan tips-tips meningkatkan produktivitas dan mengurangi kebosanan dari 2 perspektif: psikologi dan arsitektur interior.

“Kebosanan merupakan kondisi psikologis yang wajar dialami oleh setiap individu ketika melakukan aktivitas yang monoton, berulang, serta kurangnya kebaruan atau stimulasi dari lingkungan. Apabila kebosanan berlangsung terus menerus maka bisa memberikan dampak yang negatif terhadap kesehatan mental kita diantaranya adalah berkurangnya produktivitas bekerja, perasaan gagal dan tidak mampu menyelesaikan tugas hingga tuntas hingga perasaan frustasi. Ada beberapa tips yang sudah disampaikan, yang bisa membantu kita mengatasi kebosanan dan tentunya meningkatkan produktivitas kita, diantaranya adalah membuat perencanaan kegiatan, belajar keterampilan baru, selalu tanamkan pikiran positif, luangkan waktu untuk rileks dan buat suasana baru yang nyaman untuk bekerja maupun belajar.”

– Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Pakar psikologi klinis & Tim Universita Ciputra Marriage and Family Center

“Meningkatkan produktifitas dan mengatasi kejenuhan selama masa WFH / SFH dapat dilakukan dengan membuat suasana yang nyaman di tempat kita melakukan aktifitas  pekerjaan (Layout Setting) selama WFH. Kiat yg perlu diperhatikan meliputi aspek fungsional dan estetika yang memunculkan ide-ide baru untuk menciptakan ruang kita bekerja terasa nyaman.

Secara fungsional hal-hal yang penting adalah mengetahui secara jeli seluk beluk rumah kita, memilih spot yang terbaik, tahu kebutuhan pekerjaan kita dan memilih serta membuat furnitur baru dari barang-barang dirumah yang tidak terpakai. Dari segi estetika yaitu mix & match furnitur, memilih nuansa warna dan memasukkan elemen alam seperti tanaman di pot dan sebagainya.”

– Yusuf Ariyanto, ST., M.Ars.,
Pakar site planning & penataan ruang

“Menunjang produktivitas di rumah dapat dilakukan dengan mengusahakan lingkungan yang nyaman dan sehat di dalam rumah. Beberapa caranya yaitu dengan mendesain pencahayaan dan penghawaan yang baik, memasukkan unsur alam ke dalam ruangan, menyelipkan foto atau kutipan-kutipan yang dapat memotivasi diri kita di area kerja, sampai yang paling advance dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kita dalam mengoperasikan peralatan-peralatan yang ada di rumah.”

– Melania Rahadiyanti, S.T., M.T.,
Pakar arsitektur digital

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, rekaman kegiatan ini dapat selalu Anda akses di:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed