Pentingkah Konseling Pranikah?

Konseling pranikah adalah penyuluhan untuk mempersiapkan calon pasangan suami-istri yang akan segera menikah. Biasanya konseling pranikah adalah berupa kelas di tempat-tempat ibadah sesuai agama calon pengantin. Konseling pranikah di tempat ibadah ini sifatnya lebih seperti penyuluhan untuk menyampaikan informasi tentang kematangan emosional, peran suami dan istri dalam pernikahan, cara merawat pasangan yang sedang hamil, nilai-nilai agama terkait pernikahan dan pengetahuan dasar lainnya.

Namun tahukah Anda, selain di tempat ibadah atau KUA, Anda bisa melakukan konseling pranikah ke psikolog pernikahan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih komprehensif, seperti mengevaluasi kesiapan mental Anda dan pasangan, menyusun strategi antisipasi masalah yang mungkin akan dihadapi dalam pernikahan, meningkatkan komunikasi yang lebih efektif, hingga menentukan pola asuh yang disetujui kedua pihak apabila kelak memiliki anak.

Sumber gambar: pexels.com/Polina Zimmerman

Secara umum konseling pranikah memang memberikan manfaat bagi pasangan yang ingin menikah. Penelitian menyatakan bahwa konseling pranikah mewujudkan keluarga yang berintegritas dan harmonis sehingga berpengaruh terhadap kualitas dan keutuhan keluarga. Diharapkan dengan mengikuti konseling pranikah, Anda dan pasangan bisa mempersiapkan mindset yang tepat didukung dengan kepercayaan diri dan tanggung jawab dalam menunaikan pernikahan. Pasangan yang mengikuti konseling pranikah juga lebih siap dalam menghadapi tantangan yang akan muncul dalam rumah tangga.

Apabila Anda merasa khawatir dengan kehidupan setelah pernikahan, Anda pasti ingin mengikuti konseling pernikahan. Namun belum semua pasangan yang ingin menikah memandang konseling pranikah sebagai sesuatu yang penting dilakukan, atau mengikutinya sebagai formalitas dan persyaratan saja. Hal ini mungkin didukung dengan persepsi bahwa tidak ada masalah dalam hubungan sehingga tidak diperlukan konseling. Namun konseling pranikah bersifat preventif, dan lebih baik mencegah masalah yang mungkin timbul daripada melakukan konseling ketika sudah ada masalah, apalagi jika masalahnya sudah parah dan berdampak besar terhadap kehidupan rumah tangga Anda. Agaknya disayangkan apabila konseling pranikah tidak dijadikan sebagai kesempatan membekali  rumah tangga masa depan. 

Referensi:
  • Manalu, E. O. (2020). Pengaruh konseling pranikah terhadap keutuhan keluarga. Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 6(1), 16-31.
  • Mubasyaroh, M. (2016). Konseling Pra Nikah dalam Mewujudkan Keluarga Bahagia (Studi Pendekatan Humanistik Carl R. Rogers). Konseling Religi, 7(2), 1-18.
  • Rahayu, P. (tanpa tahun). 5 Manfaat Konseling Pranikah, Tetap Berguna Meski Tak Ada Masalah. IDN Times. Diakses dari https://www.idntimes.com/life/relationship/putri-rahayu-2/manfaat-konseling-pranikah-c1c2/5Roza, S., Zatrahadi, M. F., Darmawati, Silawati. (2018). Pengaruh konseling pranikah terhadap keharmonisan rumah tangga di KUA Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1-7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu