Mari Kenali BlockChain Dalam Kecerdasan Buatan

Orang yang banyak belajar tentunya akan semakin pandai. Ada pepatah yang mengatakan “tiada hari tanpa membaca”, pepatah tersebut memang benar adanya. Coba anda bayangkan saja, apakah anda bisa menjalani hari tanpa membaca dalam waktu satu hari ? jawabannya adalah tidak. Anda setiap hari mulai dari bangun tidur pasti akan melihat suatu text entah text tersebut berasal dari ponsel anda atau bukan. Jadi pada dasarnya pepatah tersebut benar adanya.

Berbicara tentang kecerdasan, orang yang belajar sudah pasti cerdas. Dengan semakin rajin belajar, otak manusia akan semakin terisi dengan ilmu dan akan semakin berkembang. Anda yang sedang hidup di zaman modern, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah dari kecerdasan buatan. AI atau kecerdasan buatan menjadi salah satu dari bukti teknologi, zaman yang makin berkembang.

Apa Itu Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau AI merupakan suatu sistem yang dapat diatur dengan menggunakan konteks ilmiah. AI juga disebut sebagai kemampuan yang dimiliki sistem untuk melakukan tafsiran data eksternal dengan benar agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Umumnya kecerdasan buatan ini lebih kita kenal dengan PC atau Personal Computer.

Kecerdasan buatan sudah sering menemani keseharian anda. Anda yang merupakan pekerja kantoran, secara tidak langsung anda sudah sering menggunakan kecerdasan buatan dalam bentuk aplikasi. Beberapa aplikasi kecerdasan buatan yang ada di sekitar anda dan sering anda gunakan adalah sebagai berikut :

  1. Jual Beli Online
  2. Media social
  3. Penelusuran di Google
  4. Perbankan
  5. Chatbot
  6. E-mail

Jika anda menelusuri lebih dalam tentang kecerdasan buatan di sekitar anda, ada banyak sekali yang tentunya sudah sering anda jumpai, bahkan anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sampai dalam dunia lampu, anda menggunakan kecerdasan buatan. Sebagai contoh adalah penggunaan lampu smart home yang dapat anda nyalakan, matikan dari mana saja.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan

Apakah anda pernah mendengar istilah blockchain ? bagi anda yang sudah mengenal, bahkan terjun ke dunia crypto, pasti sudah tidak asing lagi. Blockchain merupakan suatu teknologi yang digunakan sebagai suatu sistem penyimpanan data digital dan tentunya terhubung melalui kriptografi. Penggunaan dari blockchain ini juga tidak lepas dari peran bitcoin dan juga cryptocurrency meskipun ada banyak sekali sektor yang dapat dimanfaatkan oleh teknologi blockchain.

Blockchain menjadi dampak dari adanya kecerdasan buatan. Dari blockchain ini sendiri, memiliki sistem kerja yang dimulai ketika ada sebuah blok yang menyimpan suatu data baru. System dari blocchain sendiri terdiri dari 2 jenis record, yaitu transaksi dan juga block. Blockchain ini juga memiliki keunikan yang dimana setiap block akan berisi hasil dari kriptografi dan akan membentuk suatu jaringan.

Sebagai contoh, kecerdasan buatan jika dikaitkan dengan blockchain dapat kita temukan dalam system jual beli aset di toko crypto online :

  1. Anda merupakan seorang pembuat asset crypto. katakanlah anda membuat avatar game.
  2. Ada orang yang akan membeli asset anda, dan melakukan tansaksi crypto melalui server dan juga wallet crypto.
  3. Dalam proses transaksi ini, akan ada beberapa tahapan proses seperti verifikasi kode token, dan lain sebagainya. Proses ini dapat anda simpulkan sebagai adanya system blockchain dalam dunia kriptografi.
  4. Setelah transaksi selesai, maka akan ada pemberitahuan terkait detail transaksi dan dapat anda cek melalui wallet digital crypto anda.
Artikel lain