Mahasiswa UC Juara Debat di Korea

Mahasiswa UC Juara Debat di Korea

Kamis, 13 Oktober 2011, Universitas Ciputra (UC) mendapat kabar yang sangat menggembirakan. Prestasi yang luarbiasa datang dari Merlianny Effendi, mahasiswi Jurusan International Business Management (IBM) UC berhasil menjadi juara 2 lomba Solbridge Debating Championship 2011. Acara yang diselenggarakan di Solbridge University, Daejeon, Korea Selatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara seperti Korea, Belanda, Vietnam, Georgia dan lainnya. Solbridge University adalah Universitas tempat Merli (sapaan akrab Merlianny Effendi), menjalani pendidikan di luar negeri yang merupakan salah satu fasilitas dari IBM UC.

Awal mulanya, Merli hanya ingin menambah pengalaman baru dan pengetahuan dengan berlomba di luar negeri, serta mendapatkan teman-teman baru dari berbagai macam budaya. Dalam mengikuti lomba ini, Merli mendapatkan rekan satu tim dengan mahasiswa Indonesia lainnya yang berasal dari Jakarta. Tim yang beranggotakan Merli ini merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia.

Lomba yang menggunakan format British Parliamentary ini terdiri dari 3 ronde awal dan 4 tim tertinggi akan masuk ke babak final untuk memperbutkan gelar juara. Setelah berhasil melewati kualifikasi akhirnya Merli dan timnya berhasil masuk ke final. Di final Merli dan tim melawan mahasiswa dari Korea, Belanda dan Vietnam yang mendebatkan topik “This House Believe That – Multi National Company should use their home country environment regulation when they are operating abroad”. Akhirnya Merli mendapatkan juara 2 dan poin yang didapat hanya berselisih sedikit dengan juara 1.

Bagi Merli dapat merasakan studi di Korea seperti mimpi yang menjadi kenyataan, termasuk menjadi juara 2 dalam Solbridge Debating Championship. Pesan dari Merli untuk semuanya “Melalui prestasi ini saya ingin berbagi dengan orang Indonesia lainnya bahwa kita juga dapat meraih prestasi, apapun
kondisi kita saat ini. Good luck all! Never give up and always give the best. Dream, Believe, and Make It Happen”.