Trial Sosialisasi Input Cis Hak Kekayaan Intelektual Bagi Civitas Akademika Universitas Ciputra

Trial Sosialisasi Input Cis Hak Kekayaan Intelektual Bagi Civitas Akademika Universitas Ciputra

Surabaya-Sistem informasi saat ini berkembang dengan pesat dan makin bernilai tinggi dalam sebuah organisasi. Sistem informasi yang dapat berjalan secara online memudahkan penggunanya untuk mengakses data dimana saja dan kapan saja. Dan sistem informasi yang dibangun tepat akan memberikan sebuah gambaran kinerja organisasi yang akurat.

Itulah yang saat ini dimanfaatkan oleh Universitas Ciputra Surabaya untuk memantau perkembangan pemerintah dengan membangun sebuah sistem yang disebut sebagai Sistem Informasi Ciputra (CIS)

Melalui CIS diharapkan para civitas akademik Universitas Ciputra lebih mudah melaporkan Tridarma Pendidikan yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu luaran yang terpenting bagi perguruan tinggi adalah hak kekayaan intelektual.  Maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melakukan sosialisasi CIS untuk pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual bagi Civitas Akademik Universitas Ciputra Surabaya

Sosialisasi tata cara penginputan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual di Universitas Ciputra ini dibuka langsung oleh Kepala LPPM Universitas Ciputra, Dr. Wirawan E.D Radianto. S.E., M.ScA melalui Zoom Meeting pada Rabu(12/1/21). Kegiatan dihadiri seluruh civitas akademik yang ada di Universitas Ciputra dibalik dekan, kaprodi maupun dosen.

Wirawan menjelaskan bahwa peningkatan perguruan tinggi juga didukung jumlah HKI yang dimiliki oleh perguruan tinggi, maka dari itu system CIS pendaftaran dibuat supaya para dosen lebih mudah dalam melakukan pendaftaran dan konsultasi HKI.

Sementara Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP. selaku konsultan KI menuturkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh dosen  tata cara penginputan rincian mengajukan pendaftaran KI  di aplikasi CIS.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh dosen terkait mekanisme dan tahapan input data pengajuan KI, baik pendaftaran Hak Cipta, Merk, Desain Industri atau Paten dalam rangka peningkatan  jumlah Hak Kekayaaan Intelektual di Universitas Ciputra,” ujar Nugraha.