Sentra KI-LPPM Universitas Ciputra Raih Penghargaan Pendaftaran Terbanyak Desain Industri

Tahun 2020 Universitas Ciputra Surabaya mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dengan meraih pendaftaran terbanyak Desain Industri untuk kategori Universitas.

Sentra KI (Kekayaan Intelektual) telah dibentuk oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ciputra Surabaya ( LPPM-UC). Sentra KI ini didirikan berdasarkan SK Rektor No. 007/UC-REC/Kep/I/2020 dengan tugas pokok dan fungsi mengelola dan memberikan perlindungan terhadap karya cipta yang mempunyai nilai kekayaan intelektual.

Selama pandemi Covid-19 sentra KI bergerak cepat untuk melakukan sosialisasi tentang Kekayaan Intelektual secara daring untuk membantu 7 fakultas di Universitas Ciputra yaitu Fakultas Manajemen Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Entrepreunership dan Humaniora.

Dr. Wirawan E.D Radianto., M.ScA selaku Ketua LPPM menjelaskan bahwa Universitas Ciputra membuat suatu kebijakan bahwa luaran dari penelitian dan pengabdian yang berupa suatu inovasi.

“Universitas Ciputra melihat bahwa inovasi masuk kedalam poin penting baik dalam akreditasi institusi, akreditasi program studi, pemeringkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan borang inovasi,” ungkap Wirawan, Rabu (11/11/2020).

Wirawan juga menambahkan Perlindungan KI yang efektif menjadi pengaman yang dapat melarang eksploitasi suatu produk, jasa, desain, konsep, solusi atau gagasan oleh pihak lain karena kegagalan melindungi produk yang merupakan aset sangat potensial dalam bisnis menempatkan produk tersebut dalam risiko.

Sentra KI-LPPMĀ  UC memberikan pelayanan kepada peneliti, dosen, dan mahasiswa yang hendak mengurus Kekayaan Intelektual (KI) guna memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.