LPPM UNIVERSTAS CIPUTRA SELENGGARAKAN MEDIASI PATEN DENGAN DJKI

LPPM UNIVERSTAS CIPUTRA SELENGGARAKAN MEDIASI PATEN DENGAN DJKI

“Salah satu Indikator pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) baik secara nasional maupun internasional salah satunya adalah jumlah penemuan atau penelitian dosen dan mahasiswa yang sudah dipantenkan, maka kami perlu untuk memfasilitasi penemuan atau penelitian yang sudah diajukan oleh para inventor (dosen pengusul) ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) agar segera bisa granted.” ujar Dr. Wirawan ED Radianto sebagai ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ciputra Surabaya.

Untuk segera mengetahui apa saja kekurangan atau kesalahan yang diajukan oleh dosen pengusul untuk kemudian segera dievaluasi, maka pada hari kamis, 6 Agustus kemarin, LPPM-UC mengadakan kegiatan acara secara online melalui aplikasi zoom meeting yaitu “Pembukaan dan Mediasi Paten Antara Inventor Dengan Pemeriksa Paten Tahap 1”.

Ditambahkan oleh Wirawan “Acara mediasi paten kali ini juga meminta waktu kepada pemeriksa agar diberikan waktu untuk mendampingi usulan dari para inventor yang sejak tahun 2019 hingga saat ini  berjumlah 3 usulan sudah diajukan dan sudah melewati tahap pemeriksaan namun belum 100 % granted. Diharapkan setelah ini bisa clear semuanya, lalu bisa segera dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).”

Dari 3 usulan ini sebagian adalah hasil penelitian dosen, karya atau inovasi LPPM UNY sendiri memiliki sentra KI untuk membantu mengembangkan hasil riset menjadi produk yang dapat dipatenkan guna  memberikan Perlindungan Hukum atas setiap karya intelektual di bidang teknologi, sehingga terjamin hak kepemilikan pemegang paten.