Lomba Desain Sepatu

Lomba Desain Sepatu

Yongki Komaladi Ungkap Rahasia Dunia Sepatu di Universitas Ciputra

Pusat Riset Desain Alas Kaki (Purisaki) Universitas Ciputra (UC) bekerjasama dengan Aprisindo Jatim mengadakan pameran dan penjurian lomba desain alas kaki tingkat nasional tahun 2012 tahap 1 yang diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia pada hari jumat (10/08). Lomba desain ini pernah dilaksanakan pada tahun 2009, tahun 2010, dan pada tahun 2011, diikutkan lomba tingkat international di Guang Zhou, China dan mendapatkan juara 1 dan 2 untuk kategori sepatu casual dan fashion. Program ini akan menjadi agenda tahunan, sekaligus mendukung program pengembangan dan pemantapan klaster industri alas kaki Prov. Jawa Timur dan Prov Jawa Barat dan tingkat nasional tahun 2012.

Selain lomba ini, juga ada seminar yang dibawakan oleh Yongki Komaladi, Owner dari Yongki Komaladi sekaligus desainer sepatu dan juga pengurus Aprisindo Jakarta. Beliau sharing bagaimana dunia persepatuan dan memberikan insight bagaimana cara memenangkan dari serbuan produk asing seperti China. Selain itu, juga ada Bpk. Danang yang merupakan seorang desainer sepatu dari PT Carvil Abadi. Beliau bercerita, sebagai seorang desainer sepatu, sepatu tersebut harus unik, bisa dipakai dan bisa dikomunikasikan kepada orang lain. Kreatifitas juga harus jalan dalam mendesain sepatu, dan harga harus kompetitif dipasaran.

Ada beberapa tujuan diadakan lomba ini, yaitu meningkatkan iklim kompetisi dan kepedulian desainer untuk menciptakan desain alas kaki yang inovatif, kreatif, diminati pasar dan harga kompetitif. Yang kedua adalah meningkatkan keanekaragaman jenis desain alas kaki casual, sport, fashion, dan lain-lain. Yang ketiga adalah mengadopsi khasanah budaya lokal, regional dan nasional dalam rangka memperkuat desain nasional yang kreatif dan inovatif. Selain itu juga, untuk mendukung pengembangan program Klaster Industri alas kaki Jawa Timur dan nasional.

Kategori yang dilombakan adalah kategori “Male” untuk alas kaku pria casual atau formal, kategori “Female” untuk alas kaki wanita dan remaja putri, kategori “Sport Shoes” untuk alas kaki olah raga pria dan wanita, dan kategori “Children” untuk alas kaki anak-anak.

See the Video here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *