Zack Snyder’s Justice League (Persembahan Sang Sutradara Untuk Mendiang Putri Tercinta)

Zack Snyder adalah seorang sutradara yang menyutradarai film aksi seperti 300 dan Dawn of the Dead dan sudaah berkarier di dunia film sejak tahun 1990. Beberapa tahun belakagan film garapan filmmaker asal Amerika Serikat ini adalah film-film dari dunia komik superhero DC Films. Untuk diketahui, DC Films ini label fim hero sama seperti Marvel Studios, yang juga khusus merilis karakter-karakter hero penyelamat dunia. Dua label film ini sering lho bersaing untuk memproduksi film hero keren, meskipun popularitas Marvel Studios lebih banyak terdengar namun film dari DC Films juga ngga kalah seru. Lihat saja besutan film-film dari label ini antara lain Batman vs Superman, Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn), Wonder Woman, man of Steel, dan lain sebagainya.

 

Pada tahun 2017 lalu, Zack sendiri telah terlibat dalam penggarapan film Jusice League (2017), namun sayangnya proyek tersebut harus berhenti ditengah jalan dan memaksa keterlibatannya menjadi terputus akibat dari insiden yang menimpa keluarga Zack. Sutradara Zack Snyder telah memutuskan mengundurkan diri dari produksi film Justice League untuk mendukung keluarganya setelah bunuh diri putrinya. Autumn Snyder meninggal pada Maret 2017 lalu di usia 20 tahun. Kejadian tersebut membuat Zack berada dalam taraf hidup terbawah dan akhirnya menyerahkan penggarapan film Justice League kepada sutradara lain. Namun, setelah film tersebut dirilis nyatanya respon dari penonton kurang memuaskan dan hanya mendapatkan rating sebesar 40% oleh RottenTomatoes, yang merupakan situs review film.

 

Pada tahun 2021 ini, setelah mendapat dukungan dari penggemarnya, Zack akhirnya merilis ulang Justice League versinya sendiri. Penggemar akhirnya akan melihat visi asli sutradara “Justice League”. Setelah bertahun-tahun berspekulasi dan mendapat dukungan dari para penggemar, “Snyder Cut” akan disiarkan di HBO Max pada 18 Maret. Zack Snyder dan Deborah Snyder yang juga merupakan istrinya, termasuk di antara banyak orang yang mengerjakan potongan baru film tersebut. Selama setahun terakhir, Snyders telah berbicara singkat tentang film tersebut beberapa kali. Zack mengungkapkan lebih banyak informasi tentang film tersebut di acara virtual DC Fandome WB bersama dengan sebuah trailer.

 

Dilansir dari berbagai sumber, Justice League (2021) versi asli besutan Zack Snyder ini memiliki nilai unggul yang dapat mendobrak penilaian film di tahun 2017 sebelumnya antara lain adala:

  • Karakter tokoh yang lebih kuat
  • Ceritanya yang lebih kaya
  • Scene action yang mengagumkan dan mampu membuat suasana film kian menegangkan
  • Visualisasi film yang lebih tinggi dan bagus
  • Pembagian plot film ke dalam beberapa seri dengan total 4 jam 2 menit yang dinilai membuat film tidak membosankan karena bagian-bagiannya ditampilkan secara terpisah dalam satu film
  • Dan yang terakhir, tentu saja menjadi film yang dinanti-nanti pembuatan ulangnya film ini menyajikan kejutan seru bagi penontonnya

 

Prilisan film Zack Snyder’s Justice League menjadi sangat personal dalam kehidupan Zack Snyder. Selain akhirnya visi aslinya tentang film Justice League akhirnya terwujud, film ini juga menjadi persembahan bagi mendiang putrinya yang meninggal pada Maret 4 tahun lalu dan ditandai dengan kata-kata ‘for Autumn’ di akhir film. Pada adegan Bruce Wayne bertemu dengan Barry Allen menaiki mobil juga terpasang di billboard dengan kata-kata: You are Not alone. Billboard ini adalah iklan untuk American Foundation for Suicide Prevention (AFSP). Sebuah organisasi yang beregrak dibidang pencegahan Tindakan bunuh diri.

Penggemar yang mendukung “Snyder Cut” telah mengumpulkan lebih dari $ 500.000 untuk organisasi tersebut dan terus mengumpulkan lebih banyak bahkan setelah film tersebut dirilis. Film ini selain menjadi penghormatan lain untuk Autumn, papan reklame yang tampil juga berfungsi sebagai penghormatan bagi para penggemar yang membantu membawa film ini rilis. Film ini adalah kemenangan besar bagi para penggemar dan semakin membuktikan betapa kuatnya kampanye Snyder Cut.

 

Film ini sudah mulai dirilis di HBO Go dan berdurasi kurang lebihnya 4 jam, film ini tentu banyak diincar dan digemari oleh pecinta DC! Gimana? Kamu sudah nonton belum?

 

Referensi:

Zahrotustianah (2021, Maret 17). Gokil! 6 Alasan Justice League Zack Snyder Lebih Bagus dari Versi 2017. Idntimes.com. Diakses pada https://www.idntimes.com/hype/entertainment/zahro-1/alasan-justice-league-zack-snyder-lebih-bagus-dari-versi/6. 26 Maret 2021.

Guerrasio, Jason (2021, Maret 20). The 45 biggest differences between ‘Zack Snyder’s Justice League’ and the 2017 theatrical version. Insider.com. Diakses pada https://www.insider.com/zack-snyder-justice-league-biggest-differences-2021-3. 26 Maret 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *