Wahana Visi Indonesia bersama Library Universitas Ciputra, Holiday for Solidarity Day 2

Oleh: Lidya Emma, 08 Juli 2021

 

Universitas Ciputra, Surabaya- Acara Holiday for Solidarity hari kedua yang diadakan oleh Wahana Visi Indonesia berlangsung dengan ceria dan penuh antusias dari para peserta.

Liburan sekolah yang sedang berlangsung ditengah-tengah masa pandemi yang mengharuskan sekolah dilakukan secara daring tentunya menjadi hal yang membosankan bagi para siswa. Wahana Visi Indonesia bersama tim Universitas Ciputra mengadakan sebuah acara “Holiday for Solidarity” yang dikemas secara attractive dan easy learning melalui zoom. Acara tersebut diadakan untuk mengisi liburan sekolah para siswa bersama orangtua dan berlangsung selama dua hari. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk mempersiapkan generasi yang lebih kreatif, tangguh dan peduli kepada sekeliling. Peserta yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai sekolah di Surabaya.

Rangkaian acara

Acara “holiday for solidarity” melibatkan siswa SD, SMP dan SMA. Rangkaian acara dibuat secara terpisah antara siswa SD dengan siwa SMP dan SMA. Hal ini tentunya bertujuan untuk menyesuaikan topik dan rangkaian acara sesuai dengan jenjang pendidikan.

Tujuan acara ini mempersiapkan generasi yang lebih kreatif, tangguh dan peduli kepada sekeliling dan diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 7-8 Juli 2021. Peserta adik-adik kelas 3-6 SD, akan mengenal tentang Design Thinking, Problem Solving, Poster Digital, Googling, Recycle Art and Craft. Peserta SMP-SMA, akan diajak mengembangkan potensi diri dan mengenal bagaimana menggunakan Excel untuk mengolah data di era digital atau industri 4.0. Di hari kedua, pada Kamis 8 Juli 2021, untuk siswa kelas 3-6 SD, pada pukul 10.00 peserta belajar mengenai materi ‘Smart Googling’ dan ‘Recycle Art and Craft’ serta Library Tour yang di pandu oleh tim UC Library, Essy Marischa Nadia, S.E., Yehuda Abiel, S.Sos., R. Panji Yohanes Udik Esbiantoro, S.S.

Di awal acara, tim library Universitas Ciputra melakukan tour library bersama sebuah boneka tangan yang diberi nama “Doelib”. Kegiatan selanjutnya adalah pembuatan kreasi dari botol bekas berupa celengan mini dengan bahan botol bekas dan kain flanel. Para siswa sudah terlebih dahulu diberitahu untuk mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi tersebut. Pembuatan kreasi ini memakan waktu yang cukup lama, namun para siswa tetap antusias mengkuti langkah-langkah nya hingga akhir. Setelah membuat kreasi dari botol bekas, para siswa berfoto dengan hasil karya nya. Kemudian di akhir, para siswa mendengarkan materi mengenai google yang dikemas secara menarik.

Dari awal acara hingga akhir, para siswa kelas 3-6 SD tersebut sangat aktif bertanya dan berinteraksi. Semuanya berhasil membuat kreasi dari botol bekas, meskipun ada beberapa siswa yang off camera dan tidak terlibat dalam kegiatan.

Siswa SMP-SMA diajak untuk mengembangkan potensi diri dan mengenal bagaimana menggunakan Excel untuk mengolah data di era digital atau industri 4.0 dengan narasumber yang merupakan dosen program studi jurusan Sistem Informasi Universitas Ciputra. Oleh sebab itu, siswa SMP-SMA bergabung di breakout room zoom meeting yang lain. Tidak hanya mengisi rangkaian acara, Tim library Universitas Ciputra juga memberikan giveaway menarik untuk lima orang siswa yang aktif selama acara serta memiliki hasil karya yang bagus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *