Virtual Showcase Tampilkan Desain Mahasiswa UC. Jawa Pos. 10 Mei 2020. Hal.15. Fashion Product Design

Virtual Showcase Tampilkan Desain Mahasiswa UC

SURABAYA, Jawa Pos-Busana-busana yang didesain mahasiswa Fashion Product Design (FPD) Universitas Ciputra biasanya ditampilkan di atas panggung. Namun, hal tersebut tak mungkin diwujudkan di tengah pandemi. Agar tetap bisa menampilkan karya, virtual showcase jadi solusi.

Melalui layanan Zoom, link virtual showcase disebarkan. Siapa pun bisa ikut bergabung untuk menyaksikan 13 karya dari 13 tim desainer alumni dan mahasiswa FPD UC. Jumat (8/5) pukul 20.00 model virtual berjalan di catwalk dengan membawakan karya satu per satu tim. Pada saat bersamaan, desainer menjelaskan konsep pakaian yang sedang disaksikan oleh penonton.

Santi Gotami, misalnya. Mahasiswa FPD UC 2016 tersebut mengangkat tampilan resort-wear dengan bralette dan outer transparan. Desain karya Santi dan Felin Lembata itu pas dikenakan untuk spring and summer season. “Pemilihan warna neon juga memberikan kesan masa kini,” jelas Santi.

Dosen FPD UC Agens Olivia Gondoputranto menjelaskan, virtual showcase tersebut mengangkat tema Le Futur. “Acara ini sebagai penggambaran dan prediksi masa depan dunia fashion,” ucap perempuan yang akrab disapa Oliv itu. Menurut dia, saat ini dunia fashion sedang merasakan ketidakpastian. Tapi juga penuh perjuangan, gelora, dan harapan menuju masa depan.

Konsep itu berusaha dituangkan dalam beragam desain ready-to-wear. Desain yang ditampilkan cukup bervariasi. Mulai street style multifungsi hingga baju resort wear yang nyaman. “Jadi, cocok untuk menyambut musim panas,” jelas Oliv.

Oliv berharap virtual showcase itu tetap bisa menarik minat para penggemar fashion. Meski tak melihat langsung, karya pada 3D model bisa memberikan gambaran. “Justru ini cukup efisien bagi desainer,” papar pengampu mata kuliah pattern CAD (computer aided design) itu. Sebab, desainer tak perlu mengeluarkan biaya pembuatan sampel, fitting model, dan mengurangi limbah kain. (dya/c11/nor)

Sumber : Jawa Pos, 10 Mei 2020 | Hal 15

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *