UC Library & Siska Hermanto

 

Adalah Siska Hermanto mahasiswa Psikologi Universitas Ciputra yang saat ini menginjak semester 4 di UC ini telah memenangkan berbagai penghargaan di lomba debat psikologi untuk UC. Mahasiswi angkatan tahun 2015 ini ternyata telah mengasah kemampuan debatnya lewat lomba-lomba debat sejak SMA. Apa saja sih prestasinya?

Pertama, sebagai best speaker di Psycho Debate, UPH Psycho Village (15-16 Maret 2016). Kedua, memenangkan juara 1 debat PICASO yang diadakan oleh UNIKA Soegidjapranoto bersama Betari Aisah dan Christian Effendy Putra. Ketiga, juara 3 National Psychodebate Psycorius Universitas Brawijaya 2016. Dan terakhir, Juara II Lomba Psychodebate Psychology Village yang diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan pada 14-15 Maret 2017 lalu!

Ternyata ketika mempersiapkan lomba, UC Library cukup memberikan ‘bantuan’ bagi cewek yang hobi membaca ini. Bantuan seperti apa ya maksudnya? Berikut penuturannya:

 

“Dalam mempersiapkan diri menghadapi lomba debat pasti butuh sekali buku-buku penunjang dan UC Library memudahkan saya dalam mencari data-data yang saya perlukan. Terbukti dalam setiap mosi (topik perdebatan) yang kita cari, entah itu tentang body image, perkembangan, positive psychology, dll. ketika kita mencari referensi bukunya di Library kita selalu mendapatkannya, bahkan tak jarang kita dapat lebih dari 1 buku. Saking bergunanya, saat kita lomba di UPH (Universitas Pelita Harapan) Jakarta tahun 2016 lalu, buku yang kita pinjam dari Library pernah kita bawa sampai Jakarta lho. Tentu saja kita juga jaga dan rawat dengan baik..hehe. Dan terbukti akhirnya Best Speaker National Psychodebate Psychovillage 7 UPH Karawaci 2016 berhasil diraih! Buku menjadi teman yang sangat penting dan terima kasih UC Library telah membantu memberikannya. Once again, thank you UC Library!”

 

UC Library berkesempatan mewawancarai Siska mengenai Passion-nya dalam debat, berikut hasil wawancara singkat kami:

 

  1. Apa sih yang awalnya mendorong kamu masuk jurusan Psychology UC?

Awalnya memang saya sudah memiliki passion di dunia psikologi, bahkan sejak dari SMP sudah suka banget dan memang dari awal mendaftar sudah kepengen masuk di jurusan Psikologi.

  1. Kan baru aja menang lomba debat, apa debat itu termasuk passion kamu?

Iya benar! Debat adalah passion saya. Karena itu dari awal saya selalu bekerja keras untuk mengembangkan passion saya tersebut, seperti motto saya “Hardwork Never Betray”.

  1. Menurut kamu pentig gak sih passion dalam hidup seseorang?

Sangat penting. Karena passion itu yang membuat kamu ingat alasan awal kenapa kamu mau melakukan itu, ketika ada hambatan passion bisa menuntun kamu untuk tetap bertahan dan mengingatkan kembali sudah sejauh mana kamu melangkah. Kalau tidak ada passion pasti langsung selesai di situ.

  1. Apakah ada tips untuk teman-teman, bagaimana dapat menekuni dan mengasah passion mereka sehingga bisa bermakna bahkan menelurkan prestasi?

Yang pertama-tama, harus dicari dulu passionnya apa, karena kadang orang belum menemukan atau bahkan enggak tahu kalau ternyata dia punya passion di sana. Setelah itu baru cari goals atau tujuan. Contohnya saya yang memiliki passion di debat, dan saya memiliki tujuan mengikuti lomba-lomba debat dan goal saya adalah memenangkannya. Tentunya dengan bekerja keras mempersiapkan diri semaksimal mungkin, seperti rajin membaca sehingga ketika debat apa yang kita utarakan bukan omong kosong. Yang terakhir, jangan pantang menyerah dalam mencapai goals kalian, kalau sudah muncul keinginan menyerah, ingat tujuan awal kenapa kamu memulainya.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.