UC Library & Samuel Prasetiyo

Apa sih yang bisa aku dapetin dari koleksi buku UC Library? Berguna enggak ya buat kuliah dan bisnisku?

Pertanyaan tersebut yang mungkin terlintas di kepala #ucpeople sekalian kalau ditanya tentang koleksi buku di UC Library. Nah, Samuel Prasetiyo, mahasiswa IBM (International Business Management) Universitas Ciputra yang juga fungsionaris Student Council UC tahun 2017/18 Departemen 3: Student Organization ini mencoba membagikan beberapa testimony tentang pengalamannya bersama koleksi buku UC Library.

Kira-kira apa aja sih yang ia dapatkan? Berikut penuturannya:

 

Buku ‘The Lean Startup’ karya Eric Reis menjadi buku yang berkesan dan sangat membantu saya untuk bisa memahami bagaimana seharusnya membangun sebuah bisnis tanpa perlu mengeluarkan biaya terlalu besar karena mengalami kerugian yang disebabkan oleh produk tidak menjawab kebutuhan pasar. Buku yang saya pinjam di UC Library ini membuka pemahaman baru bagi saya, bahwa membuat sebuah bisnis bisa dimulai dengan menemukan kebutuhan konsumen. Tanpa kita mengetahui apa yang menjadi “pain” dan “gain” dari konsumen, produk yang kita buat tidak akan pernah bisa terjual dengan cepat atau bahkan tidak akan terjual sama sekali. Buku yang termasuk dalam koleksi Entrepreneurship UC Library ini memberikan langkah-langkah praktis apa saja yang harus kita lakukan untuk bisa membuat sebuah bisnis/produk yang menjawab kebutuhan masyarakat.

Apa yang saya dapatkan dari buku ‘The Lean Startup’ ini sedang saya terapkan dalam pembuatan bisnis bersama dengan rekan saya diluar UC. Produk yang sedang kami buat bernama PIMPRO, sebuah aplikasi yang berfokus pada manajemen proyek-proyek dalam bidang teknik sipil. Awalnya rekan-rekan saya menolak untuk melakukan riset dalam mencari kebutuhan sebenarnya dari calon pelanggan, namun setelah beberapa kali menyumbangkan pemikiran dari apa yang sudah saya dapatkan dari buku ‘The Lean Startup’ dan merekomendasikan buku ini untuk dibaca, mereka pun mau membuka diri untuk melakukan riset kebutuhan pasar.

Selain buku tersebut, masih ada beberapa koleksi buku UC Library yang ingin saya baca juga dan sudah ada dalam daftar ‘read soon’, dan bahkan sudah saya foto untuk berjaga-jaga jika saya lupa cover bukunya. Salah satunya adalah ‘Design Thinking’ karya Thomas Lockwood. Buku tersebut juga memberikan pemahaman baru bagaimana cara mengembangkan suatu produk agar bisa selalu memenuhi kebutuhan konsumen.

So, kesimpulannya adalah kalau mau explore buku-buku di UC Library, pasti kita bisa menemukan buku-buku yang bermanfaat dan berfaedah. Saya sendiri baru menemukan buku-buku yang ada di daftar “wajib beli” milik saya ketika meng-explore rak Entrepreneurship. Seperti contohnya ‘Zero to One karya Peter Thiel, dan buku non-entrepreneurship seperti ‘Purpose Driven Life karya Rick Warren, dll.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.