UC Library dan Zita Mugen Esthiningtyas

Selamat kepada Zita Mugen Esthiningtyas (PSY UC 2016) sebagai 8 besar finalis mahasiswa berprestasi Kopertis Wilayah VII yang bersaing dengan 50 Universitas di wilayah tersebut.

Berikut kisahnya:
Zita berhasil melalui beberapa seleksi. Pada seleksi tahap awal pemilihan 20 dari 50 mahasiswa dengan desk evaluation atau seleksi administrasi. Kemudian Zita berhasil lolos dan dikarantina pada tanggal 31 Maret-2 April 2019. Di sana seleksi tahap akhir dihadapi Zita yang meliputi presentasi karya ilmiah, public speech dalam bahasa Inggris, dan karya unggulan.
Hasil seleksi tersebut diakumulasi dan menghasilkan 8 finalis ini dimana Zita adalah salah satunya.

Sebuah kisah yang luar biasa, tapi apakah UC Library berperan atau berdampak dengan prestasi Zita tersebut?

Berikut penuturannya:

“Ya, berdampak sekali sih. Yang pertama tentu dari segi materi karena karya ilmiahnya kebetulan saya menggabungkan konsep psikologi dengan entrepreneurship dan di UC Library ini banyak banget buku yang berhubungan antara psikologi dan entrepreneurship. Jadi itu lumayan membantu terutama di buku-buku bertema ‘psikologi perkembangan’ karena karya ilmiah saya tentang lansia dan buku ‘psikologi perkembangan’ itu juga sangat mahal harga belinya. Selain itu juga di UC Library sangat membantu dalam meng-akses jurnal ilmiah yang berbayar. Saya bisa menggunakan jurnal di Emerald dengan gratis. Sangat membantu. Selama proses pengerjaan karya ilmiah tersebut saya juga mengerjakan di UC library, jadi tidak ada yang saya kerjakan di rumah karena tempatnya nyaman, lalu space-nya juga banyak. Jadi kalau dibilang membantu, ya sangat membantu dari segi materi, teknis, dan kenyamanan itu sendiri.”

 

Lalu apakah literatur yang ada di UC Library juga berdampak terhadap hasil karya ilmiah Zita?

“Ya itu, sangat-sangat berdampak. Karena keterbatasan dana saya tidak mungkin membeli buku-buku teori psikologi perkembangan yang sangat mahal, sedangkan di UC Library memiliki koleksi yang lengkap, bahkan ada beberapa edisi juga lengkap, jadi misalnya buku psikologi, ada edisi sebelum dan ada edisi pembaharuannya, edisi yang sudah disempurnakan. Selain literasi fisik, literasi online e-journal Emerald dari UC Library pun juga banyak membantu. Jadi sangat membantu sekali secara literasi online maupun offline. Ditambah lagi variabel yang saya bawa tentang ‘Terapi Seni’, ternyata di UC Library juga ada buku yang membahas tentang ‘Art Therapy’ itu sendiri, karena ketika mencari referensi di website atau di internet itu juga susah carinya, kalau tidak memakai akses dari UC Library.”

Zita Mugen (PSY UC 2016) sebagai 8 besar finalis mahasiswa berprestasi Kopertis Wilayah VII

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *