Tren Rangkaian Bunga_Bunga dari Kertas Cantik dan Tahan Lama. Radar Surabaya. 20 Mei 2019.Hal. 3. Rivera. DKV

            MAYJEN SUNGKONO Saling berkirim bunga sudah menjadi gaya hidup saat ini. Tidak hanya kelulusan saja, momen kelahiran, ulang tahun, hari ibu atau hari valentine pun menggunakan bunga sebagai kadonya. Maka tak heran, saat ini kian banyak florist yang ada di Surabaya.

Salah satunya adalah Rivera. Mencoba berbeda dengan florist lain, ia membuka bisnis bunga dari kertas. Bunga dari kertas ia pilih karena lebih tahan lama dari bunga segar. “Kendalanya kalau bunga segar kan cepat layu, kalau ini bisa tahan bertahun-tahun,” ujarnya ditemui di booth-nya, dalam Pameran Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Visual Communication Design (VCD) sekaligus launching bisnis Universitas Ciputra di Ciputra World Surabaya.

Meski terbuat dari kertas, hasil bunga-bunga rangkaiannya tak kalah cantik dengan bunga segar. Ia merangkai kertas warna-warni menyerupai mawar, tulip, peonny hingga matahari.

Perawatannya pun tak neko-neko. Cukup di simpan di tempat kering dan terhindar dari matahari saja bunga ini akan bertahan bertahun-tahun. Tidak perlu ribut menyiram atau mengganti air layaknya bunga segar.

Membuat replika bunga segar dengan bunga dari kertas memang sedikit tricky. Jika tidak pandai memilih bahan, hasil bunganya tidak akan semirip bunga asli. Ia pun beresksperimen dengan berbagai kertas, hingga menemukan kertas crafting impor yang lebih tebal dan tidak begitu kaku, sehingga gampang dibentuk.

Rivera sadar, persaingan bisnis florist di Surabaya sangat ketat. Itulah mengapa, agar tidak ketinggalan, ia selalu meng-upgrade tren yang ada. “Misalnya dari vasnya, sekarang sedang tren ditaruh di round box, atau amplop, saya ikuti juga, pokoknya selalu research agar bisa bersaing,” tukas pemilik online flower shop Aure ini. (is/nur)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *