Trauma karena Ditinggalkan Sepihak? Ini Alasan dari Ghosting!

Susah pacaran karena jarak? Weits, kayanya hal itu sekarang bukan menjadi masalah besar sejak adanya social media. Jika dahulu orangtua kita melakukan pendekatan dengan cara mengirim surat, sms singkat, dan komunikasi yang serba terbatas, sekarang semuanya terlihat sangat mudah untuk dilakukan. Social media telah membuka banyak jalan khususnya untuk bertemu dengan orang-orang baru dan cara berkomunikasi yang tidak terbatas. Aplikasi dating online’pun sekarang sudah mulai berkembang dan seperti yang kita tahu sendiri, banyak sekali penggunanya loh!.

Tapi pernah gak sih kalian yang sedang asik-asiknya pendekatan dengan pasangan kalian, tapi kemudian pasangan kalian menghilang begitu saja? Apalagi di saat-saat dimana kalian tidak mengetahui tempat tinggal ataupun informasi lebih lanjut mengenai pasangan kalian. Ya, kejadian seperti inilah sekarang yang dinamakan sebagai ‘Ghosting’. Ghosting disini bukan diartikan sebagai sesuatu yang mistis ya teman-teman! Namun ghosting itu sendiri dapat diartikan seperti ketika seseorang tiba – tiba memutuskan kontak dari segala media dengan anda. Tentunya kalian pasti kaget dong kenapa orang tersebut tidak menjawab chat maupun telepon kalian sama sekali!.  Fenomena ini kerap kali terjadi pada masa ini, apalagi dalam kehidupan percintaan. Bagi beberapa orang, fenomena ini tidak jarang juga menimbulkan kekecewaan yang mendalam dan bahkan juga trauma!

Fenomena ghosting ini bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, jadi berhati-hatilah dalam memilih teman atau pasangan yah! Disini kita bisa mulai dengan melihat alasan mengapa seseorang melakukan ghosting terhadap kita. Tentunya karena orang tersebut telah memutus kontak kita, maka kita tidak bisa menanyakan langsung kepada orangnya. Tapi kita bisa mengira-ngira kok kenapa dia melakukan hal itu!. Pertama, orang tersebut bisa saja tidak memiliki keberanian untuk berbicara jujur kepada kalian. Hal ini akhirnya menjadi salah satu masalah yang ia perdebatkan dari dalam dirinya. Mungkin saja ketika ia berbicara ataupun sedang berada bersamamu, ia sedang menyembunyikan sesuatu yang ia tidak bisa atau tidak mampu untuk ucapkan. Alhasil, ia memilih untuk menghilang daripada harus mengungkapkan rahasianya kepadamu! Selain itu, kita bisa melihat dari sisi psikologi dari seseorang. Mungkin saja seseorang yang sedang kamu hadapi memang dari awalnya mempunyai hobi untuk melarikan diri dari masalah yang ada. Memang kedengaran aneh, tapi tidak jarang loh sadar atau tidak disadari hobi ini dimiliki oleh seseorang. Sebenarnya tidak jauh beda dari alasan yang pertama, yaitu orang tersebut akan memilih untuk melarikan diri daripada berusaha mempertanggung jawabkannya.

Beberapa orang mungkin juga tidak merasa mempunyai sebuah komitmen dalam hubungan yang sedang kamu jalani. Karena itu, orang tersebut dapat dengan mudah untuk pergi dan menghilang begitu saja tanpa memberi kejelasan kepadamu. Hal ini seringkali terjadi kepada hubungan awal sehingga belum tercipta komitmen diantara kalian. Atau yang terakhir, orang tersebut bisa jadi juga sudah menemukan orang lain yang menurutnya lebih cocok dengan mereka. Hubungan memang merupakan suatu yang cukup rumit ya teman-teman.

Buat kalian yang pernah mengalami fenomena ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar fenomena tersebut tidak menjadi sesuatu yang membebani kalian dikehidupan sehari-harinya!. Pertama, kalian tidak boleh terlalu memikirkan alasan mengapa mereka meninggalkanmu begitu saja. Jika memang mereka meninggalkanmu, maka itu adalah pilihan yang mereka pilih dan salah satu indicator mengapa dia bukanlah orang yang cocok denganmu. Justru, hal itu bisa menjadi hal positif juga bagimu agar kamu tidak membuang-buang waktumu yang berharga kepada orang yang salah bukan?. Cobalah untuk melupakan masalah tersebut dan mengambil esensi dari fenomena tersebut. Jika memang sebelumnya kamu pernah membuat suatu kesalahan, kamu bisa memperbaikinya untuk hubungan kedepannya yang lebih baik!

Semangat ya buat kalian yang mungkin sedang berada di fase ini! Jangan terlalu lama terjebak di masa lalu, karena masa depan selalu menunggumu dengan hal-hal yang lebih baik!

 

Daftar Pustaka

Nanik, (2020, Februari 14). 5 Hal Tentang Ghosting, Fenomena Percintaan yang bikin sakit hati!. Idntimes.com. Diakses di https://www.idntimes.com/life/relationship/sulvat-sulfita/fenomena-ghosting-c1c2/5. 21 Januari 2021

Rahma, Imelda. (2020, Juni 09). Mengenal Fenomena ‘Ghosting’ Inilah penyebab dan Cara Menghadapinya. Fimela.com. Diakses di https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4274718/mengenal-fenomena-ghosting-inilah-penyebab-dan-cara-menghadapinya. 21 Januari 2021.

Indriyani. (2020, October 22). Bikin Patah Hati, Kenali Fenomena ‘Ghosting’ dari Perspektif kesehatan. Idntimes.com. Diakses di https://www.idntimes.com/health/fitness/indri-yani-4/kenali-fenomena-ghosting-dari-perspektif-kesehatan-c1c2/1. 21 Januari 2021.

Miladi, Himam. (2019, November 19). Fenomena “Ghosting” dan Bagaimana cara Menghadapinya. Kompasiana.com. Diakses di https://www.kompasiana.com/primata/5de14b67d541df431250eb23/fenomena-ghosting-dan-bagaimana-cara-menghadapinya?page=all. 21 Januari 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *