Tips Membaca Cepat

Membaca Cepat adalah sistem membaca dengan memperhitungkan waktu baca dan tingkat pemahaman terhadap bahan yang dibacanya. Apabila waktu bacanya semakin sedikit dan tingkat pemahamannya semakin tinggi, maka dikatakan bahwa kecepatan baca orang tersebut semakin meningkat. Pada umumnya orang yang belum pernah mendapat latihan membaca pasti memiliki kecepatan baca yang lebih rendah dari kemampuannya. Ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya kecepatan baca seseorang, antara lain.

  • Kebiasaan lama yang telah mendarah daging seperti menggerakkan bibir untuk melafalkan, menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, dan menggunakan jari atau benda untuk menunjuk kata-kata yang dibacanya.
  • Tidak agresif (tidak bersemangat) dalama usaha memahami arti bacaan.
  • Persepsinya kurang sehingga lambat dalam menginterpretasikan apa yang dibacanya.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bacaanmu semakin cepat dan efektif.

  1. Fokus

Fokus menjadi salah satu kunci utama dalam teknik membaca cepat. Semua orang memiliki caranya masing-masing untuk dapat fokus. Ada yang harus di tempat tenang, ada pula yang harus sambil mendengarkan musik. Temukan caramu sendiri untuk dapat fokus. Jauhi semua distraksi yang dapat membuatmu terlepas dari buku yang sedang kamu baca.

  1. Memerhatikan Jarak Mata

Jarak mata dengan buku dapat mempengaruhi kecepatan membaca. Oleh karena itu, perhatikan hal itu untuk menguasai teknik membaca cepat. Jika matamu terlalu dekat dengan buku, kamu akan kesulitan untuk membaca kalimat dari ujung kiri hingga ujung kanan buku dengan cepat. Sebaliknya, jika jarak mata dengan buku terlalu jauh, kamu tentu juga akan kesulitan membacanya. Oleh karena itu, perhatikan jarak matamu saat membaca. Jarak mata dengan buku yang ideal adalah sekitar 30 sentimeter.

  1. Cari Ide Pokok

Dalam pelajaran bahasa Indonesia saat sekolah, kamu mungkin pernah mempelajari tentang ide pokok. Ide pokok umumnya terletak di awal atau akhir paragraf. Untuk dapat membaca cepat, kamu bisa menemukan ide pokok sebuah paragraf terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa fokus untuk lebih mendalami maksud dari ide pokok tersebut. Biasanya, kalimat-kalimat selain ide pokok hanya merupakan kalimat penjelas yang isinya tidak lebih penting daripada ide pokok.

  1. Jangan Mengulang yang Sudah Dibaca

Salah satu teknik membaca cepat selanjutnya adalah hindari mengulangi kata-kata yang telah dibaca.  Terkadang, kita mungkin tertarik untuk membaca ulang kata-kata yang baru saja kita baca, seperti misalnya ada kata yang menarik atau membingungkan. Namun, lebih baik kamu terus membaca kata-kata selanjutnya. Jangan terpaku dengan kata-kata yang telah dibaca karena hal itu hanya akan membuat kamu membuang waktu membacamu. Dengan melewati satu kata, kamu akan tetap memahami pernyataan yang dimaksud.

  1. Arahkan Mata

Arahkan matamu pada kata-kata yang sedang kamu baca. Kamu bisa menunjuk kata yang sedang dibaca dengan menggunakan jari atau pensil untuk membantu mengarahkan matamu. Jika sudah terbiasa, kamu tidak perlu lagi menggunakan bantuan jari atau pensil. Mengarahkan mata dapat membuatmu fokus pada kata yang sedang kamu baca dan tidak membaca kembali kata yang telah dibaca.

  1. Terus Berlatih

Membaca cepat merupakan teknik atau kemampuan yang perlu dilatih terus-menerus. Dilansir dari Forbes, kamu bisa mulai membaca blog, koran, majalah, hingga buku dengan menerapkan teknik membaca cepat. Semakin banyak kamu berlatih, tentu kemampuan membaca cepatmu akan bertambah. Selain berlatih, kamu juga harus menghitung jumlah kata yang mampu kamu baca dalam satu menit.  Sebagai contoh, kamu berhasil membaca sebuah blog berisi 1.000 kata dalam waktu empat menit. Berarti, kecepatan membacamu adalah 250 kata per menit. Catat terus jumlah kata yang berhasil kamu baca dalam satu menit. Jika jumlah tersebut belum meningkat, kamu bisa mencari tahu apa yang menghambatmu untuk membaca cepat.

Teknik membaca tidak selalu dapat kamu terapkan, terutama jika kamu sedang ingin benar-benar mendalami suatu topik. Dengan membaca cepat, kamu berpotensi melewatkan 1-2 hal yang kamu anggap kurang penting. Namun, teknik membaca cepat ini dapat sangat membantumu jika harus membaca banyak buku dengan waktu yang singkat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.