Tips Cara Melakukan Parafrasa

Parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan/ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat. Bagi yang masih bertanya-tanya, gimana sih caranya parafrasa. Nah, pas banget nih ada tips dari UC Library cara membuat parafrasa. Jangan lupa disimak ya!

 

  1. Baca dan pahami isi dari suatu text. Ini yang paling penting. Sebelum kita melakukaan parafrasa, kita harus paham dulu denngan isi/gagasan dari teks tersebut, agar nanti lebih mudah untuk membahasakannya kembali.
  2. Ubah beberapa kata dengan sinonimnya. Untuk mencari sinonim dari kata tersebut, bisa menggunakan Tesaurus (http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/). Selain itu ada beberapa kamus yang bisa digunakan, seperti:
    a. Meriam-Webster Dictionary
    b. Oxford Dictionary
    c. Urban Dictionary
    d. U-Dictionary
    e. KBBI V
  3. Susun dan atur ulang kalimat tersebut. Susun dan atur ulang kalimat tersebut menjadi padanan kalimat yang pas. Selain itu, apakah kalimat yang kita susun ulang maknanya sama dengan teks asli atau tidak.
  4. Bandingkan tulisan Anda tadi dengan naskah aslinya untuk mengecek apakah semua gagasan, terutama gagasan yang penting telah tercantum dalam hasil tersebut. Jika memiliki makna yang sama, berarti kalian sudah bisa membuat kalimat parafrasa.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *