Tips Bisnis Online Selama Pandemi

Bosan pada saat masa pandemi begini? Mungkin kegabutanmu bisa jadi start awal untuk memulai bisnismu loh!. Buat kalian yang baru mau menjalani bisnis online atau sudah lama menggeluti bisnis online, coba simak beberapa tips yang bisa membuat bisnismu lebih maju lagi!. Dapat dikatakan bahwa setiap pelaku usaha yang sebagian atau seluruh kegiatan usahanya dilakukan melalui Internet menjalankan bisnis secara online.  Praktik komersial ini melibatkan pengadaan dan penjualan barang atau komoditas secara online, serta penyediaan layanan online dan banyak bentuk perusahaan lainnya yang dapat ditemukan di berbagai bidang industri di Internet. Dengan adanya internet, memungkinkan para pengusaha untuk menyebarkan bisnis mereka melalui website, toko online, blog, halaman media sosial, dll.  Namun untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar kamu dapat mengambil langkah yang tepat dan perusahaanmu bisa terus berkembang.

Menentukan apa yang akan dijual nanti merupakan langkah awal yang perlu dilakukan saat kamu mau membuka perusahaan online.  Jika berupa produk atau jasa. Coba pikirkan tentang apa yang kamu sukai dan selalu dicari.  Kamu harus menguasai terlebih dahulu ide bisnis kamu agar mencapai target pasar yang sesuai dengan keinginanmu. Menjadi pebisnis pada jaman ini, khususnya waktu masa pandemic ini tentu mempunyai banyak rintangan karena banyaknya competitor yang juga mau berbisnis seperti kamu!. Perlu diingat bahwa salah satu kunci utama agar bisnis kamu bisa berjalan lancar yaitu kamu harus bisa menghasilkan barang atau jasa yang dapat menyelesaikan suatu masalah disekeliling kamu. Yup, bisa berupa jasa, maupun membuat barang-barang yang mungkin belum diinovasikan atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti inovasi dari croissant dan waffle (CROFFLE) yang baru-baru ini sedang marak diperjualkan di media social. Croffle ini sendiri adalah perpaduan dari 2 kue dan tentunya menarik banyak masyarakat untuk membelinya. Hanya sedikit tambahan sih, pada masa pandemic begini, penjualan produk makanan secara online banyak yang meningkat loh!.

Kedua, setelah kamu sudah tahu bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan, sangat penting untuk memiliki mentalitas bisnis yang tepat dan sikap mental yang baik.  Kamu harus bisa berkonsentrasi pada satu bentuk perusahaan sampai kamu dapat mencapai pasar yang luas dan mendapatkan klien atau customer tetap.  Selain itu, saat perjalanan bisnis kamu mengalami pasang surut, kamu tetap harus fokus pada usahamu, jangan mudah menyerah dan goyah hanya karena satu-dua masalah yang mungkin menimpa atau menghambat perjalanan bisnismu.  Kegagalan merupakan hal yang alami dan biasa ketika kamu baru memulai suatu bisnis. Justru, seharusnya dari kegagalan yang ada kamu bisa belajar untuk memperbaiki hal tersebut agar bisnismu kedepannya bisa maju lagi. Selalu ambil nilai positif dan juga hal yang bisa kamu pelajari dari sana yah, anggap saja itu sebagai bebatuan yang harus kamu lewati untuk menuju jalan kesuksesan.  Jadi tetap fokus untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan meski sedang mengalami kerugian!.

Ide bisnis? Sudah, mentalitas? Sudah oke, selanjutnya? Ya eksekusi!. Pada tahap awal jangan lupa untuk melakukan pemasaran, selain berkonsentrasi membangun perusahaan.  Rencanakan proses pemasaran yang efektif.  Kamu dapat menjual barang kamu secara online atau bisa juga secara langsung.  Keduanya sangat bagus untuk dilakukan, apalagi jika dilakukan secara bersamaan loh!. Pemasaran melalui media social memang pasti akan membantu lebih lagi karena pasar yang sangat luas dan mudahnya penyebaran informasi.  Sehingga, menggunakan taktik pemasaran digital juga telah menginspirasi banyak perusahaan untuk lebih dikenal di era teknologi saat ini.  Penting juga untuk menyesuaikan pendekatan pemasaran dengan pasar sasaran. Jadi kamu harus tahu media apa yang kamu gunakan dan apakah media tersebut cocok dengan target pemasaran kamu. Mari kita ambil contoh media Social Instagram, maka kita bisa tahu bahwa mayoritas penggunanya adalah golongan remaja dari segala kalangan ekonomi.

Tentu saja, pemasaran melalui media social itu juga akan membutuhkan beberapa usaha yang penting. Salah satunya adalah management dari media online itu sendiri. Memang tergantung media apa yang ingin kamu pakai sih, tapi apapun media yang dipakai, biasanya kreativitas design digital merupakan salah satu yang terpenting pada aspek ini. Apalagi jika produk kamu bisa dibuat viral, maka semakin banyak orang yang akan mengetahui mengenai usaha kamu. Selain itu, pastikkan kamu menjadi penjual yang ramah, cepat dan tanggap yah dalam menghadapi customermu!. Kamu juga bisa menggunakan cara-cara lain untuk mengembangkan bisnis onlinemu seperti membayar influencer pada suatu media tertentu, membuat konten yang menarik, juga menyebarkan keunikkan dari produk kamu sendiri.

Pokoknya, buat kalian semua yang lagi merintis pekerjaan, semangat yah!

 

Daftar Pustaka

Setya, Devi (2020, Juni 30). Penjualan Produk Makanan UKM Online Meningkat Selama Pandemi Corona. Food.detik.com. Diakses di https://food.detik.com/info-kuliner/d-5073186/penjualan-produk-makanan-ukm-online-meningkat-selama-pandemi-corona. 2 November 2020.

Nursalim, Aceng (2020, Agustus 18). Prospek Bisnis Online di Era Pandemi Covid-19. Akseleran.co.id. Diakses di https://www.akseleran.co.id/blog/prospek-bisnis-online-di-era-pandemi-covid-19/. 2 November 2020.

Reza (2020, September 29). Ini Kiat Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi. Liputan6.com. Diakses di https://www.liputan6.com/bisnis/read/4366591/ini-kiat-bisnis-online-yang-bisa-dilakukan-selama-masa-pandemi. 3 November 2020.

Amalia. Dina (2019, October 1). Tips Sukses Memulai Bisnis Online yang Tepat. Jurnal.id. Diakses di https://www.jurnal.id/id/blog/memulai-bisnis-online/. 3 November 2020.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *