Tips Agar Tidak Malas Mengerjakan Tugas Kuliah

Malas merupakan sifat yang wajar dimiliki oleh setiap orang, utamanya bagi pelajar dan mahasiswa. Terkadang rasa malas sering datang ketika tugas mulai bermunculan. Apalagi tugas tersebut tidak hanya satu, tetapi banyak dan bertumpuk, sehingga bingung tugas mana dulu yang akan dikerjakan. Berikut akan disajikan beberapa tips melawan rasa malas saat mengerjakan tugas.

  1. Ingat Tujuan

Jika rasa malas mulai menghampiri, sebaiknya jangan mudah terlena dengan hal itu. Selalu tanamkan dalam benakmu bahwa niatmu untuk sekolah atau kuliah ialah menuntut ilmu sebagai bekal masa depanmu, serta membuat kedua orang tua bangga atas pencapaianmu selama di sekolah ataupun kampus.

Selalu ingat bahwa dirimu adalah kebanggaan orang tua di masa depan. Sebab orang tua tidak selamanya mendampingimu. Kamu harus berjuang sendiri dalam meraih apa yang telah kamu cita-citakan. Cobalah lihat perjuangan ayahmu mencari nafkah untuk kamu sekolah atau kuliah. Dia rela melakukan pekerjaan keras demi dirimu dan masa depanmu. Ingat juga bahwa sosok ibu selalu memberimu makanan yang bergizi, agar kamu bisa fokus belajar dan belajar lagi. Do’a-do’a mereka selalu mengiringi langkah-langkahmu. Maka ketika masih ada kesempatan untuk membahagiakan mereka, bersegeralah.

  1. Paksa Dirimu Mengerjakan Tugas-tugas tersebut

Namanya badan memang sukanya mager. Maka solusinya adalah dipaksa. Bagaimana tugas bisa selesai jika tidak dikerjakan? Biasanya rata-rata pelajar dan mahasiswa, baru mulai mengerjakan tugas ketika sudah dekat dengan batas waktu pengumpulan tugas (atau yang disebut deadline).

Namun, alangkah baiknya jika tugas dikerjakan jauh-jauh hari dari batas waktu tersebut. Hal tersebut sangat efisien bagi pelajar/mahasiswa untuk mengerjakan hal lain tanpa terganggu dengan tanggungan tugas-tugas yang belum dikerjakan. Di samping itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu-waktumu yang lain untuk sekedar berkumpul dengan teman-teman ataupun melakukan hobi kesukaanmu dengan santai tanpa terbebani tugas.

  1. Beri Self-Reward Agar Kamu Lebih Bersemangat

Meskipun cara yang satu ini berdampak pada pengeluaran uangmu, tetapi cara ini bisa saja dicoba. Tidak perlu membeli sesuatu yang mahal, self-reward atau penghargaan terhadap diri sendiri bisa berupa membeli coklat untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Kamu juga tetap dapat melakukan self-reward yang lain selain dengan mengeluarkan uang.

Terus bagaiamana? Manfaatkan kuota atau WiFi rumahmu untuk menonton drama maupun film kesukaanmu, tentunya setelah kamu mengerjakan tugas ya. Menonton drama atau film dapat me-refresh kembali otakmu yang semula digunakan untuk berfikir dalam proses pengerjaan tugas-tugas sekolah dan kuliah. Serta masih banyak cara lain untuk self-reward tentunya menurut versimu.

  1. Pikirkan Konsekuensinya

Pikirkan akibat yang harus kamu tanggung kalau kamu sampai menunda-nunda menyelesaikan tugas. Semakin kamu malas, semakin kamu tunda-tunda pekerjaanmu, akhirnya tugas yang harus kamu selesaikan di hari-hari menjelang deadline akan semakin menumpuk. Akibatnya kamu harus ponta-panting untuk menyelesaikan tugas di saat-saat terakhir. Jadi saat rasa malas melanda, ingat baik-baik keribetan yang akan kamu alami menjelang deadline nanti.

  1. Jangan Cari-cari Alasan

Salah satu hal buruk yang sering kita lakukan saat sedang malas mengerjakan tugas adalah mencari-cari alasan untuk menunda mengerjakan tugas itu sendiri. Ada saja excuse yang sengaja kamu pakai. Mulai dari ilham yang belum mampir, sampai otakmu yang bakal lebih kreatif dadakan kalau mengerjakan tugas saat hampir deadline. Intinya adalah, jangan cari-cari alasan untuk mengerjakan tugasmu. Ilham nggak bakal datang dari langit saat kamu malas-malasan.

  1. Singkirkan Gadget

Smartphone-mu juga bisa mengalihkan perhatianmu dari tugas yang harus dikerjakan. Alih-alih menyelesaikan tugas, konsentrasimu malah pecah dan akhirnya kamu asyik browsing dan update jejaring sosial. Kalau tidak ingin konsentrasi pecah, singkirkan dulu smartphone saat kamu sedang mengerjakan tugas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.