Tim UC kembali Turun ke Desa. Jawa Pos. 25 Oktober 2018.Hal.32

SIDOARJO – Tim Universitas Ciputra (UC) melanjutkan kunjungan ke desa-desa peserta program Desa Melangkah 2018. Kemarin (24/10) dua desa yang mereka kunjungi adalah Desa Tambak Sumur dan Bungurasih, Kecamatan Waru. Kunjungan lanjutan tersebut merupakan bagian dari upaya pemetakan potensi desa sekaligus sebagai dasar pendampingan.

Menurut Baswara Yua Kristama, staf Research & Community Development UC, wilayah Kecamatan Waru sangat unik. Dua desa yang telah dikunjung, misalnya. Keduanya memiliki potensi berbeda. Di Tambak Sumur, mayoritas penduduknya tinggal di perumahan, sedangkan Bungurasih memiliki potensi lantaran dekat Terminal Purabaya.

Nah, dua desa itu mempunyai strategi berbeda untuk memanfaatkan potensi tersebut. Dia mencontohkan, Tambak Sumur memilih memaksimalkan layanan publik. Saat ini desa itu masih memiliki cikal BUMDes untuk Payment Online. “Tapi bisa ditingkatkan mungkin dengan sentra untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warganya, mirip toko ritel online yang dapat diakses warganya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Tambak Sumur juga ingin membangun wisata sentra pemancingan di sekitar Kali Buntung. Fungsinya sebagai hiburan warga sekitar sekaligus meningkatkan pendapatan agar muncul lapangan pekerjaan baru. Isu wisata tersebut juga digaungkan untuk meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan.

Adapun Bungurasih potensinya tidak kalah banyak. Salah satu yang menonjol adalah persewaan gedung serbaguna desa. Sudah banyak yang memanfaatkannya, baik sekolah untuk acar wisuda maupun untuk pernikahan.

“Pendampingan dari UC bisa mengenai pengelolaan manajemen sentra wisata pemancingan dan manajemen pengelolaan gedung,” ungkap Baswara. Bisa juga berupa pendampingan karang taruna tentang entrepreneurship bidang pengelolaan wisata dan pengelolaan acara. (uzi/c22/hud)

Sumber : Jawa-Pos.25-Oktober-2018.Hal.32

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *