TETAP FIT SELAMA PUASA DI MASA PANDEMI

Bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi. Tapi.. banyak banget deh tantangan yang keliatannya bakal dihadapi oleh kaum Muslim di bulan puasa tahun ini. Tau nggak kenapa? Iya bener banget, ancaman pandemi. Puasa kan bikin kita gaboleh makan dan minum sampai waktu yang telah ditentukan. Dikhwatirkannya ini bisa membuat kita mudah lelah, daya tahan tubuh berkurang, tidak masuk banyak gizi, yang membuat kita bisa rentan terkena virus. Selain itu, kondisi pandemi yang membuat kita rentan stress juga berpengaruh pada niat berpuasa kita.

Tapi ibadah puasa itu spesial, datangnya cuma sekali setiap tahun. Jadi meskipun tantangannya berat, kita tidak boleh menyerah tapi harus menjadi lebih kuat. Tenang aja ada tips dan triknya kok! Ga susah-susah banget, yang penting niat hehehe. Yuk simak tips and triknya dibawah ini!.

Untuk tetap fit selama puasa yang pertama ketika sahur utamakan memakan sayuran dan buah yang mengandung banyak air, ini bisa menjaga kondisi tubuh kita agar cukup air. Selain itu tidak lupa meminum obat maag apabila menderita maag, dan meminum vitamin-vitamin yang memiliki khasiat tinggi dalam menjaga kebugaran tubuh. Nah pada saat sahur juga utamakan makan 4 sehat 5 sempurna juga yah agar gizinya seimbang.

Lanjut, yang kedua saat berpuasa hindari berada di tempat-tempat yang sesak penuh dengan orang. Karena selain menyebabkan gerah, ini juga menimbulkan kita bisa terpapar virus dengan mudah. Ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk memakan makanan yang 4 sehat 5 sempurna juga dan apabila bosan makan buah, buahnya bisa diolah menjadi bentuk makanan yang lain seperti salad, jus, dan lain sebagainya. Jangan lupa lagi, pada saat berbuka tetap minum vitamin ya!

Yang ketiga, jangan lupa minum air putih yang cukup selama periode sahur, berbuka, dan waktu setelah berbuka puasa. Tidur yang cukup, kurangi makanan dengan minyak berlebih dan gizi rendah, dan makan-makanan yang mengandung banyak multivitamin contohnya seperti kurma.

Apabila kalian telah melakukan anjuran seperti yang diatas kemungkinan puasa kalian akan tetap lancar sampai waktu berbuka tiba. Yuk mari kita semangat berpuasa tahun ini, karena puasa tahun ini begitu spesial dengan keadaan yang spesial. Buat kalian yang menjalani ibadah puasa, semoga kalian diberikan keberkahan dan kekuatan untuk penuh dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini ya!

Daftar Pustaka

Herfianto (2020, Mei 5). 4 Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa di Tengah Pandemi Corona. Liputan6.com. Diakses pada https://www.liputan6.com/health/read/4245164/4-tips-jaga-kebugaran-tubuh-saat-puasa-di-tengah-pandemi-corona. 4 April 2021.

Nurmaya, Astria (2021, Maret 22). Jaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Saat Pandemi, 4 Hal ini Wajib kamu Hindari!. Stylo.grid.id. Diakses pada https://stylo.grid.id/read/142603986/jaga-tubuh-tetap-sehat-selama-puasa-saat-pandemi-4-hal-ini-wajib-kamu-hindari?page=all. 4 April 2021.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *