Tetap Berlatih Gerakan di Rumah Masing-masing. Jawa Pos, 22 Juni 2020. Hal. 15. Freddy H. Istanto. INA

Surabaya, Jawa pos – Ditengah pandemi, menjaga imunitas agar tetap optimal menjadi fokus banyak orang. Tak terkecuali pasangan Freddy Instanto dan Vonny Rumambi, instruktur Ling Tien Kung (LTK) Citraland. Sudah jadi kebiasaan melakukan LTK bersama di lapangan dekat rumah mereka.

“Biasanya sampai 100 orang. Tapi kan pandemi, jadi di rumah masing-masing dulu,” ujar Freddy. Namun, hal tersebut tidak menghentikan kegiatan mereka berolahraga. Keduanya tetap melakukan gerakan sederhana dengan orang-orang terdekat.

Untuk menghindari kerumunan, biasanya Freddy hanya mengajak enam orang. Mereka juga harus menjaga jarak. “Ini supaya tetap sehat. Kita kan butuh imun, apalagi usia sudah lebih dari 50 tahun,” tuturnya.

Mereka biasanya melakukannuya saat pagi. Selain udara masih segar, sinar matahari juga cukup bahis dan tak terlalu terik. LTK dikenal dengan gerakan-gerakan lambat, tapi cukup melelahlan. “Gerakan LTK ini jangan dibuat menggebu-gebu dan memacu jantung.” jelasnya. Malah LTK memberikan gerakan-gerakan rileks bagi badan. Cukup cocok bagi yang masih muda hingga berusia lanjut.

“Saya juga bikin panduan gerakan di rumah saja bagi kawan-kawan di grup,” jelas pria berkacamata itu. Panduan tersebut diharapkan bisa mengobati rindu para anggota untuk berlatih bersama. Tentunya juga memotivasi anggota untuk tetap berlatih meski hanya sendiri di rumah masing-masing. Awalnya, panduan tersebut dibuat dalam bentuk video. Kimi mereka juga membuat sesi khusus via video conference. Interaksi antar anggotta grup lebih terasa. (dya/c6/tia)

 

Sumber: Jawa Pos. 22 Juni 2020. Hal. 15

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *