Supermarket Giant Tutup? Ini Alasannya!

Guys, udah denger berita terbaru belum? PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memutuskan untuk menutup seluruh cabangnya Giant di Indonesia mulai akhir Juli 2021, loh… Padalah nih ya, Giant telah menghiasi industri ritel Tanah Air sejak 2002. Artinya supermarket ini sudah berdiri di Indonesia selama 19 tahun! Cukup lama bukan?

Lantas, apa yang manjadi alasan penutupan gerai Giant?

Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, mengatakan alasan utama penutupan gerai Giant adalah karena perusahaan akan fokus pada merek lain. Hal ini dilakukan untuk menindak lanjuti riset strategis seluruh lini bisnis. Menurutnya, PT Hero Supermarket akan fokus mengembangkan bisnis IKEA, Guardian dan Hero Supermarket ke depan.

Perusahaan akan mengubah hingga lima toko Giant menjadi IKEA, yang diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas pelanggan. Pada saat yang sama, cabang Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli 2021. Tidak hanya itu, Hero Group saat ini sedang merundingkan kemungkinan pengalihan kepemilikan banyak toko Giant kepada pihak ketiga.

Menurut laporan, tujuan Hero Supermarket adalah melipatgandakan jumlah toko IKEA dibandingkan tahun 2020 dalam dua tahun, dan membuka hingga 100 toko Guardian baru pada akhir tahun 2022.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO), pemilik rantai ritel Giant, menjelaskan alasan penutupan gerai tersebut karena meningkatnya persaingan pangan di Indonesia, ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 yang mempengaruhi operasional gerai dan perubahan perilaku belanja di masyarakat. Strategi bisnis ini digunakan sebagai bagian dari adaptasi Hero Group terhadap dinamika pasar dan perubahan tren pelanggan. Selain itu, langkah ini diambil sebagai tanggapan atas penurunan popularitas format hypermarket di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini juga terjadi di pasar global.

Namun dengan ditutupnya semua gerai Giant tersebut, bagaimana nasib para karyawannya ya?

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk Diky Risbianto mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah karyawan Giant yang terkena dampak penutupan seluruh gerai Giant. Namun, Diky mengaku sudah berkomunikasi dengan karyawan terkait penutupan gerai Giant. Ia juga memastikan bahwa setiap karyawan diperlakukan secara adil. Diky juga mengucapkan terima kasih kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik selama ini. Karyawan Giant Store akan diberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Daftar Pustaka

Zain, Ikrom (2021, Mei 28). Sedikit Analisis Kejatuhan Giant dan Kejayaan Superindo dari Sisi Konsumen. Kompasiana.com. diakses pada Sedikit Analisis Kejatuhan Giant dan Kejayaan Superindo dari Sisi Konsumen Halaman 1 – Kompasiana.com. 6 Juni 2021.

Perdana, Hana (2021, Mei 21). Giant Tutup Seluruh Tokonya Mulai Juli 2021, 5 Gerai Berubah Jadi IKEA. Idntimes.com. diakses pada https://www.idntimes.com/business/economy/hana-adi-perdana-1/giant-tutup-seluruh-tokonya-mulai-juli-2021-5-gerai-berubah-jadi-ikea. 6 Juni 2021.

Sidik, Syahrizal (2021, Juni 4). Giant Tutup, Begini Ramalan Mencengangkan Fitch Ratings!. Cnbcindonesia.com. diakses pada https://www.cnbcindonesia.com/market/20210604143707-17-250639/giant-tutup-begini-ramalan-mencengangkan-fitch-ratings. 6 Juni 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *