Sulap Bungkus Snack Jadi Tas Multifungsi, Surya 14 September 2020. Hal.14. FDB

 

SURABAYA, SURYA – orang punya kesempatan melestarikan lingkungan agar tidak semakin dipenuhi limbah. Bisa dengan mendaur ulang limbah maupun menggunakan bahan yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Elvira Angelica Manik berhasil mendaur ulang bungkus snack yang banyalt dikonsumsi menjadi tas tangan multifungsi. “Saya ingin berkontribusi melestarikan lingkungan,” tutur perempuan 21 tahun ini, Minggti (13/9).

Elvira memilih menggunakan limbah bungkus snack sebagai bahan membuat tas karenasebelumnya telah bereksperimen dengan berbagai jenis pembungkus. Bungkus snack menjadi yang paling cocok digunakan karena lebih tebal.

“Ketika disetrika dengan suhu panas tinggi dapat menghasilkan tekstur yang diinginkan dan berubabh menjadi kaku,” ungkap manasiswi Fashion Product Design and Business ini. Dalarn proses pembuatannya, Elvira mencuci bungkus snack terlebih dahulu, lalu dipotong dua bagian sesuai ukuran yang diperlukan dan dilipat dua kali, kemudian disetrika dengan suhu maksimum.

Prosesnya harus tetap stabil agar mendapatkan berbagai motif yang konsisten. Kedua, masuk pewarnaan dengan menggunakan cat pewarna uniuk finishing, disarankan menggunakan alas koran. Awalnya, tidak berjalan sesuai rencapa.

Cewek asal Bontang Kaltim ini mencoba berbagai macam teknik pewarnaan mulai dari menggunaltan cat akrilik, stabilo, tinta, cat semprot pewarna hingga cat besi, tapi tak kunjung belurn menemukan warna yang sesuai.

Namun setelah melakukan beherapa eksperimen Elvira akhirnya berhasil menggunakan cat besi semprOt sebanyalt dua lapisan lalu diberikan finishing dengan semprotan cat pewarna.

Ketiga setelah pewarnaan. kemudian dirapikan dengan cara digunting membentuk ukuran 8,5 cm x 12,5 cm. Keempat, dijahit diseltinih sisi ujung, ujungnya teknik zigzag. “Untuk proses pembuatannya ini sih sekitar 1-3 hari, biasanya saya lebih cepet kalau jahit sendiri,” ungkapnya.

Elvira mendesain desain tas yang memiliki fungsi dan motif menyerupai tekstur kulit croco. Tas dapat digunakan dengan 3 style berbeda, yaitu model sling bag, clutch dan waist bag.

“Bahannya ringan dan muat barang banyak, cocok untuk occasion acara at.pun dally. Perawatannya mudah karena antiair, jadi warna ataupun bahannya tidak luntur dan tembus air,” pungkasnya. (zia)

 

Sumber: Surya. 14 September 2020. Hal. 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *