Sinetron Memiliki Stigma Buruk Namun Tetap Ramai Ditonton?

Televisi memang seringkali menjadi hiburan semata bagi kita para penontonnya. Mulai dari berita, film kartun, sinetron, dan banyak lagi yang media televisi tayangkan. Mulai dari anak kecil yang selalu menunggu menonton film kartun kesukaannya setiap pagi, hingga generasi diatasnya yang menonton sinetron di waktu senggang mereka. Namun seringkali kita mendengar pro dan kontra mengenai dunia perfilman di Indonesia. Yap, salah satunya sinetron yang sudah bertahun-tahun menemani para penontonnya di media televisi. Walaupun sering dibilang selera tontonannya yang kurang menarik, namun bagaimanapun juga sinetron Indonesia berhasil mengikat hati para penontonnya untuk meluangkan waktu menonton sejenak.

Mulai dari sinetron Cinta Fitri, Tukang Bubur Naik Haji, Ganteng-ganteng serigala, hingga kini warga Indonesia digemparkan kembali dengan sinetron berjudul Ikatan Cinta. Sinetron Ikatan Cinta ini bercerita mengenai dua bersaudara yaitu Andin dan Elsa yang mencintai lelaki yang sama yaitu Nino. Namun cerita ini menjadi lebih menarik karena adanya percikan-percikan api yang timbul dari pertengkaran dari kedua bersaudara tersebut. Elsapun mengamuk ketika mengetahui bahwa Nino akan menikahi Andin dengan persetujuan dari ayah Andin. Namun pernikahan tersebut juga ditentang oleh Elsa dan ibu Andin. Aduh alur ceritanya benar-benar membuat gregetan dan pintar memainkan hati para penontonnya yah!. Alur cerita yang menarik ini ditambahi dengan talenta para pemerannya yaitu Amanda Manopo, Glenca Chysara, Evan Sanders, dan banyak lagi akhirnya menimbulkan suatu adiksi bagi para penontonnya. Film Ikatan Cinta ini telah ditayangkan setiap harinya di media televisi dan ternyata banyak media online yang mengulas mengenai sinopsis sinetron ini setiap harinya loh!. Beberapa orang juga menyukai pemeran-pemerannya yang stylish dan menjadikan mereka sebagai salah satu bintang kesukaan mereka.

Kira-kira selain alur dan pemeran yang menarik, apa sih yang membuat sinetron ini ramai ditonton dan dinanti-nantikan penontonnya?. Menurut Parra di laman Moms, terdapat beberapa faktor yang mendukung ramainya penonton sinetron. Diantaranya dikarenakan sinetron dilengkapi dengan sensasi, permasalahan yang sensitif yang mengasyikan, juga emosi yang ditunjukkan secara leluasa. Beberapa juga meyakini bahwa menonton sinetron dapat menjadi jalan keluar sementara mereka dari kehidupan asli mereka. Yap, meskipun sering dicap terlalu dramatis dan “murahan”, namun justru ini yang menjadi salah satu ciri khas dari suatu sinetron!. Terlebih lagi, sinetron juga menyediakan tayangan setiap harinya, sehingga bagi orang-orang tidak perlu mencari hiburan dengan cara yang ribet. Penggemar sinetron juga ternyata tidak sedikit loh!, hal ini disebabkan luasnya jangkauan penonton mereka yaitu mulai dari anak kecil hingga lanjut usia yang bisa menikmati tontonan tersebut. Namun tetap ya teman-teman, tetap mengikuti aturan batas usia yang disediakan oleh media televisi itu sendiri yah!. Terlebih lagi, setelah melakukan beberapa penelitian, kita dapat melihat bahwa tidak hanya remaja saja loh yang mengalami kecanduan menonton. Ternyata orang dewasa juga masih banyak yang mengalami kecanduan dalam menonton film sinetron tersebut.

Nah buat kalian para remaja yang sudah malas menonton televisi dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau komputer, kalian bisa juga menonton sinetron ini di berbagai streaming platform loh!. Biasanya, media streaming film ini disediakan bagi orang yang kelewatan jam menonton atau bahkan mau menonton ulang adegan yang sudah lewat di televisi. Jadi gimana? tertarik menonton sinetron yang satu ini?

 

Daftar Pustaka

Anwar, Ilham (2021, Januari 10). Kenapa Orang Suka Menonton Sinetron seperti Ikatan Cinta?. Tirto.id. diakses di Kenapa Orang Suka Menonton Sinetron Seperti Ikatan Cinta? – Tirto.ID. 10 Februari 2021.

Parra, HK (2020, Juli 13). Why Do Parents Like Watching Soap Operas?. Moms.com. diakses di Soap Operas: Why Are They So Popular? | Moms.com. 10 Februari 2021.

Iswara, Ninda (2021, Februari 9). SINOPSIS Ikatan Cinta 10 Februari, Elsa Suruh Reyna Ambil Anting, Al Akui Bayar Saksi Beratkan Andin. Newsmaker.tribunnews.com. diakses di SINOPSIS Ikatan Cinta 10 Februari, Elsa Suruh Reyna Ambil Anting, Al Akui Bayar Saksi Beratkan Andin – Tribunnewsmaker.com. 10 Februari 2021.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *