Siasat UC Fikom Radio di Tengah Pandemi Covid 19_Dosen Putar Lagu-lagu di Sela Mengajar. Surya. 17 September 2020. Hal.3. Fikom

Pandemi covid-19 yang belum dapat diprediksi kapan akan berakhir dan tampaknya menjadi persoalan tersendiri dalam proses pembelajaran.

Perguruan tinggi membutuhkan pola yang tepat guna melangsungkan pembelajaran yang efisien.  Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Ciputra (UC) selama pandemi Covid-19 telah memanfaatkan streaming radio yang mereka sebut UC Fikom Radio menjadi media pembelajaran daring.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media (Fikom) Universitas Ciputra Surabaya, Prof Dr H Burhan Bungin SSos PhD menjelaskan, institusi pendidikan harus mampu memanfaatkankan teknologi komunikasi di tengah pandemi Covid-19.

“Teknologi komunikasi memegang peranan penting agar kualitas pendidikan lebih terjamin. Lebih jauh lagi, memanfaatkan teknologi komunikasi, citra institusi kita, akan terjaga,”ujar Prof Burhan.

Kepala Program Studi Fikom, Hilda Yunita Wono SIKom, MMed Kom menambahkan, ada hal yang perlu dipersiapkan dalam mengelola kelas daring dengan memanfaatkan UC Fikom Radio. Dosen wajib memberikan jadwal siaran dan materi kuliah terlebih dahulu.

“Pemberitahuan melalui moodle atau aplikasi pembelajaran agar mahasiswa dapat memiliki gambaran visual atas pembelajaran yang tidak dapat tersampaikan melalui siaran radio,” katanya.

Dosen pembelajaran siaran layaknya penyiar radio dengan membagi materi ke dalam beberapa segmen atau sesi. Di setiap segmen dosen menyampaikan materi kepada mahasiswa. Selanjutnya pada jeda segmen, dosen dapat memutarkan lagu-lagu.

Saat lagu diputarkan, mahasiswa dapat menyampaikan pertanyaan atau diskusi melalui media sosial. “Terkadang dosen dapat mengundang narasumber dari luar kampus, melalui sambungan telepon untuk menambah kekayaan materi bagi mahasiswa,” jelas Hilda Yunita Wono.

Setelah kelas daring terakhir, dosen biasanya memberikan kuis atau tugas untuk mengukur apakah mahasiswa memahami materi yang sudah disampaikan. (zia)

 

Sumber: Surya. 17 September 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *