Shienny Megawati Sutanto; Dosen, Komikus, dan Penulis_Melambung karena Cerita Vrey si Pencopet Jalanan. Jawa Pos.2 Mei 2018.Hal.23

SHIENNY, sapaannya, memiliki hobi menggambarkan sejak SD. Lembaran kosong di buku pelajaran menjadi ruang terbaik untuk menuangkan isi pikirannya. Shienny menggambar secara otodidak. Semakin bertumbuh, dia kian serius mendalami hobinya. Dia rajin mengirim karyanya ke penerbit-penerbit.

Usaha itu membuahkan hasil. Salah satu penerbit bersedia menerbitkan komiknya. Sebagai mahasiswa semester awal, saat itu royalti yang didapatkan Shienny bisa diakatan lumayan. “Ada lah, bisa beli jajan sendiri,” katanya.

Dia sudah berkiprah dengan meluncurkan beberapa judul komik saat masih kuliah. Diantaranya, Past Promise, White Castle, Love Flies, Love Junction, dan Fake Angel. Kemudian, pada 2007, Shienny mengawali pembuatan tetralogi Ther Melian. Tetralogi itu dibuat selama tiga tahun dan rilis pada 2010.

Ther Melian ini mendapat atensi yang luar biasa dari masyarakat. Kemudian, saya membuat Ther Merlian Academy versi komik Webtoon di Line pada 2015,” lenjutnya saat ditemui setelah mengisi acara di Ciputra World.

Kisah sukses Ther Melian (TM) Academy dibuktikan dengan 4 juta pembaca. Di Webtoon, TM Academy sudah lebih dari 100 episode. Hal itu kemudian membuat bungsu empat saudara tersebut tertarik untuk membuat Ther Melian versi novel. “Ini (Webtoon, Red) sih masiih berlanjut. Tapi saya sepertinya masih sibuk,” lanjut dosen desain komunikasi visual di Universitas Ciputra itu.

TM Academy merupakan skolah elite untuk murid-murid terpilih. Didalamnya dikisahkan kehidupan seorang gadis bernama Vrey. Vrey merupakan pencopet jalanan yang bis abersekolah di sana. Dia juga mendapatkan beasiswa penuh dari kepala sekolah. Tak ada penjelasan mengapa Vrey bisa bersekolah di sana. Clue-Clue yang terus diburu Vrey menjadi keseruan di setiap episodenya.

“Ada permintaan untuk membuat versi novelnya. Tapi, saya tidak mau sama. Oleh karena itu, saya ubah cerita dan penohannya,” katanya. Novel TM Academy edisi pertama terbit pada 2010. Isi satu novel setara dengan 20 episode di Webtoon. Novel bergenre fantasi-romance tersebut laris manis di pasaran. Novel pertama telah dicetak ulang tiga kali. Pada setiap kali cetak, ada 5.000 buku.

Novel TM Academy ke-2 diterbitkan oleh Elex Media Komputindo setahun kemudian. Buku ketiga diterbitkan pertengahan April kemarin. “Saya membuat novelnya sih santai. Selain juga membuat ilustrasinya,” tambah perempuan kelahitan 1981 tersebut. (*/c6/jan)

Sumber : Jawa-Pos.2-Mei-2018.Hal.23

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *