Sharing tentang Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jawa Pos. 25 Juli 2020. Hal.15. Fakultas Kedokteran

SURABAYA,Jawa Pos – Di tengah pandemi, pembahasan mengenai kesehatan masyarakat kian banyak dilakukan. Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (UC) kemarin (24/7) menyelenggarakan webinar dengan topik Pencegahan Penyakit Level Masyarakat.

 Narasumber pembuka merupakan dosen tamu dari Faculty of Medicine and Health Science UCSI Kuala Lumpur. Prof Hoh Boon Peng PhD menjelaskan pentingnya pemetaan genom dalam dunia medis. Dalam kasusnya, Hoh menyebutkan di Malaysia. Melayu, Tionghoa, dan India jadi tiga rumpun yang cukup dominan. Masing-masing rumpun ternyata bereaksi berbeda terhadap obat. “Beberapa jenis zat efektivitasnya berbeda antara Melayu, Tionghoa, dan India,” jelasnya.

Pada sesi selanjutnya, Prof dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD SpGK (K) memberikan sedikit gambaran mengenai gizi penting dalam masa pandemi. “Beragam vitamin yang membantu daya tahan, ada vitamin A, B, dan K,” jelasnya. Masing-masing memberikan efek bagi tubuh.

Bambang juga mengenalkan sedikit anatomi kulit dan mulut. Kulit yang tak terluka punya lapisan yang banyak sehingga memberikan perlindungan agar virus tak mudah masuk ke tubuh. Sebaliknya, kulit yang terluka bisa memberikan jalan masuk bagi benda yang tak diinginkan tubuh. (dya/c6/nor)

 

Sumber: Jawa Pos. 25 Juli 2020. Hal. 15

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *