Setiap Jamnya Bisa Menghasilkan US$2 Juta? Siapa sih Orangnya?

Siapa sih disini yang tidak mengenal Jeff Bezos?, pria pendiri e-Commerce Amazon yang telah dinobatkan sebagai orang terkaya didunia pada tahun 2017 itu. Ia bahkan berhasil mengalahkan Bill Gates yang sudah bertahun-tahun kita kenal dengan kekayaannya. Kekayaan Jeff sendiri telah mencapai USD90 miliar. Namun kekayaan Bezos sendiri ternyata tidak berasal dari Amazon saja, ia juga memiliki berbagai bidang pekerjaan lainnya seperti The Washington Post, dan Blue Origin, dimana bergerak di bidang transportasi luar angkasa. Gak kebayangkan berapa uang yang bisa ia hasilkan setiap harinya?. Faktanya, setiap satu menit Bezos dapat menghasilkan lebih dari dari penghasilan rata-rata milenial di tahun ini. Bezos dapat menghasilkan kurang lebihnya US$19.3 miliar dalam satu tahun, atau US$2 juta setiap jamnya. Penasaran bagaimana awal mula Bezos merintis pekerjaannya? Yuk kita bahas sekilas mengenai masa mudanya!.

Jeff Preston Bezos yang dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1964 di Albuquerque ini sebenarnya sudah menunjukkan bakatnya yang hebat dalam bidang mekanik sejak ia kecil. Contohnya ia pernah membuatkan alarm listrik untuk adik-adiknya agar mereka tidak keluar dari kamarnya. Pada tahun 1982, Bezos juga mengikuti program pelatihan sains di Universitas Florida dan berhasil mendapatkan Silver Knight Award. Perjalanannyapun berlanjut dan setelah lulus dari Pricenton, Jeff bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu computer. Dari sana, ilmu dan bakatnya dalam ilmu computer terus bertambah. Ia juga pernah membangun jaringan perdagangan internasional yang ditujukan untuk sebuah perusahaan bernama Fitel. Pada tahun 1995, ia mulai berfikir untuk membangun bisnisnya sendiri dan mendirikan Amazon.com sebagai toko buku online yang dijalankan dari rumahnya. Inspirasi nama Amazon sendiri berasal dari kekagumannya dengan sungai di Brazil yang sangat megah itu. Namun dengan hati-hati, dia masih tetap mau mencari berbagai pengalaman dengan melakukan berbagai pekerjaan di Bankers Trust dan DE Shaw Company. Jeff mendapat banyak pujian dalam pekerjaan yang ia lakukan. Sebelumnya, ia juga telah melakukan penelitian dan mengamati dari daftar 20 perusahaan mail-order teratas, tidak ada satupun penerbit buku yang memiliki mail-order karena katalog yang komprehensif. Namun ia percaya bahwa perusahaan digital akan memiliki kemampuan lebih luas di masa depannya.

Bisnis Jeff inipun didukung sepenuhnya oleh kedua orangtua Bezos dengan memberi mereka tabungan pensiunnya sebesar US$300 ribu. Dukungan ini diberikan seolah-olah mereka tahu bahwa anaknya memang akan menjadi orang terkaya di dunia. Bisnis e-commercenya itupun berhasil dan menjadi top berita diberbagai media dengan cepat. Bezos memiliki 6 gudang yang digunakkan untuk inventaris buku. Melihat kesuksesannya yang besar, Bezos memperluas pekerjaannya dengan menjual barang-barang lain selain buku. Hingga kini Amazon.com telah menjadi perusahaan ecommerce raksasa yang menyediakan ratusan ribu produk secara online dan bisa dikirim ke seluruh dunia.

Setelah sukses dalam perusahaan e-commercenya itu, Jeff Bezos merambah pekerjaannya dan menyediakan jasa penerbangan manusia ke luar angkasa yang dikenal dengan Blue Origin. Selain itu, ia juga mengakuisisi perusahaan dalam bidang media yaitu Washington Post dan usaha ekspedisi bernama Bezos Expeditions. Kini, Aset Jeff sudah tidak terhitung jumlahnya dan ia telah berhasil mencapai keberhasilannya. Ia mengaku jika dahulu ia tidak memulai untuk membuka bisnisnya itu, ia akan menyesal selamanya.

Kita dapat belajar dari kisah Jeff Bezos bahwa kita harus selalu berusaha, tanpa memandang berhasil atau tidaknya usaha kita nanti. Dan Jika kita gagal, kita harus terus berusaha dan beranilah mengambil resiko. Jangan pernah ragu untuk melakukan sesuatu, dan jangan hanya berbicara saja. Yuk berani membuka bisnis!.

 

Daftar Pustaka

Wink (2017, Januari 24). Biografi Jeff Bezos, Kisah Sukses Pendiri Amazon.com Menjadi Orang Terkaya Dunia. Biografiku.com. Diakses di https://www.biografiku.com/biografi-jeff-bezos-pendiri-amazon-com/ 21 Februari 2021

Kompas.com (2021, Februari 3). Jeff Bezos Akan mundur dari Jabatan CEO Amazon, Siapa penggantinya?. Kompas.com. diakses di https://money.kompas.com/read/2021/02/03/071301026/jeff-bezos-akan-mundur-dari-jabatan-ceo-amazon-siapa-penggantinya. 21 Februari 2021.

Janakuag Aisyah (2021, Februari 3). Jeff Bezos Tinggalkan Amazon, ini CEO lain yang juga pilih resign. Detik.com. Diakses di https://inet.detik.com/business/d-5360228/jeff-bezos-tinggalkan-amazon-ini-ceo-lain-yang-juga-pilih-resign. 21 Februari 2021.

Sugianto Danang (2021, Februari 3). Kenapa Jeff Bezos Pilih Andy Jassy Pimpin Amazon?. Detik.com. Diakses di https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5360439/kenapa-jeff-bezos-pilih-andy-jassy-pimpin-amazon. 21 Februari 2021.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *