Sepekan, Tren Pembayaran Pajak Meningkat. Jawa Pos. 13 Juli 2020. Hal.15. Eko Budi Santoso. Akuntansi

Ekonomi Surabaya Terus Bergeliat di Masa Pandemi

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui badan pengelolaan keuangan dan pajak daerah (BPKPD) mencatat adanya tren peningkatan pembayaran pajak di masa pandemi. Salah satunya, sektor restoran (food and beverage).

Kepala Bidang (Kabid) Pendataan dan Penetapan Pajak Daerah (PPPD) BPKPD Anang Koerniawan menyatakan, realisasi pajak restoran mencapai Rp 3,9 miliar pada 1-7 Juli. Selain restoran, realisasi pajak yang lumayan besar datang dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB). “PBB itu Rp 46,70 miliar selama 1-7 Juli,” ujar alumnus Smada Surabaya tersebut kepada Jawa Pos.

Lalu, ungkap Anang, realisasi pajak dari sektor parkir mencapai Rp 841 juta. Selain restoran, PBB, dan parkir, BPKPD mencatat realisasi pajak dari sektor hiburan dan hotel selama sepekan. Realisasi pajak sektor hotel senilai Rp 480 juta. “Pajak hiburan Rp 62 juta,” tuturnya.

Lantas, bagaimana dengan realisasi pajak mulai awal tahun hingga bulan lalu? Persentase pajak sektor PBB paling tinggi. Yakni, 49 persen. Anang menyebutkan, jika persentase tersebut dirupiahkan, nilainya Rp 642 miliar. “Restoran Rp 172 miliar. Itu mencapai 28 persen7 jelasnya.

Terpisah, Ketua Tax Center dan Dosen Prodi Akuntansi Universitas Ciputra Eko Budi Santoso menuturkan, pemkot perlu memberikan stimulus yang bisa menggenjot realisasi pajak. Misalnya, memperpanjang masa pembayaran PBB dengan penghapusan denda sanksi administratif yang berakhir bulan lalu.

Dia mengungkapkan bahwa stimulus juga perlu diberikan untuk sektor-sektor yang berkontribusi pada penerimaan pajak daerah. Antara lain, sektor perhotelan atau restoran. Yakni, berupa kebijakan yang dapat membuat okupansi hotel naik. “Misalnya, pemkot memberikan bantuan yang mendukung tersedianya protokol kesehatan di hotel dan restoran. Dengan begitti, masyarakat merasa lebih aman menginap di hotel dan makan di restoran,” ucapnya. (sam/c20/tia)

 

Sumber: Jawa Pos. 13 Juli 2020. Hal. 15

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *