Sejak 1927, Kantor PMK di Jalan Psar Turi (18)_Hindari Info Kebakaran Palsu, Petugas Recek Lokasi. Radar Surabaya. 1 Oktober 2020. Hal.3. Library

Dalam sebuah kasus kebakaran di wilayah Surabaya pada 1927, maka ketika petugas Brandweer menerima laporan, mereka membunyikan alarm seraya memerintahkan penjaga pribumi di rumah gardu untuk memukul kentongan. Serta merta mendengar hal itu, semua petugas yang berjaga berlarian menuju tempat kebakaran. Begitulah SOP pemadaman api De Brandweer kala itu,” Rahmat Sudrajat.

             PUSTAKAWAN sejarah (librarian) Universitas Ciputra Surabaya, Chrisyandi Tri Kartika mengatakan, bertahun-tahun SOP penanganan kebakaran itu diterapkan secara manual di instansi De Brandweer.

Sehingga, kadang menimbulkan kekecewaan karena kurang akuratnya sumber informasi yang jelas terkait kebakaran yang terjadi.

Sebab bisa jadi adanya asap yang dilaporkan sebagai kebakaran, ternyata tidak ada nyala api ketika didatangi petugas De Brandweer di lokasi. “Karena itu apabila ada laporan kebakaran yang masuk ke dinas, beberapa dari mereka harus mencari dan mencerinati dulu informasinya dengan detail,” jelasnya.

Tidak hanya itu, petugas gementee (pemerintah kota) Surabaya yang berjaga di lokasi juga harus bekerja keras untuk mengawasi agar warga yang datang membantu saat terjadi kebakaran ticlak perlu memindahkan barang korban kebakaran.

“Sebab tidak jarang ketika barang-barang korban kebakaran itu dipindahkan, malah terjadi pengambilan atau penjarahan. Makanya harus juga diawasi me,ski jumlah personel terbatas dengan warga yang melihat dan membantu memadamkan kebakaran yang jurnlahnya bisa mencapai puluhan atau ratusan,” jelasnya.

Beberapa kasus kebakaran besar yang pernah tercatat kala itu di tahun 1930-an antara lain kebakaran besar di Ketegan pada 13 Mei 1930, kebakaran Pabrik Genteng Karangpilang. tanggal 20 Juni 1930, Donkers, teeg (ruko/bangunan bertingkat) pada 1 Juli dan di Balonghendo Krian pada 22 September.

Selain itu, de Brandweer juga mencatat menerima informasi kebakaran palsu seperti infb kebakaran di Pasar Kapasan pada 14 Maret, Donkersteeg pada 5 Juli, Simpang tanggal 21 Juli dan Pasar Besar Wetan tanggal 16 November. (bersambung/jay)

 

Sumber: Radar Surabaya. 1 Oktober 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *