Sejak 1927, Kantor PMK di Jalan Pasar Turi 5_Kebakaran Besar dan Informasi Palsu. Radar Surabaya. 14 September 2020.Hal.3

Selama bermarkas di Pasar Turi, de Brandweer atau Dinas Pemadam Kebakaran ketika itu telah berhasil memadamkan kebakaran besar. Dari informasi yang dihimpun pada tahun 1930 kebakaran besar terjadi di Ketegan pada 13 Mei. Lalu pabrik Genteng Karang Pilang tanggal 20 Juni, Donkersteeg pada 1 Juli, Balongbendo Krian pada 22 September.
Selain itu, de Brandweer sempat menerima informasi kebakaran palsu seperti kebakaran di Kapasan pada 14 Maret, Donkersteeg pada 5 Juli, Simpang tanggal 21 Juli dan Pasar Besar Wetan tanggal 16 November.
Menurut pustakawan sejarah Chrisyandi Tri Kartika, pada tahun 1860 de Brandweer  berusaha untuk mengurangi resiko kebakaran dengan mengimbau semua warga di Kota Surabaya menggunakan atap genting. namun setelah bertahun-tahun hasilnya berkurang. “suatu tindakan pencegahan yang resikonya sangat kecil. bahkan ketika tempat penyimpanan mesiu yang menggunakan atap genteng juga terjamin terhadap kebakaran,”  katanya kepada Radar Surabaya.
Pada tahun 1906, kantor de Brandweer Tersebut mengalami perubahan setelah penetapan Surabaya sebagai Gementee (kotamadya).
Sehingga semua keperluan mengenai pembiayaan, mulai dari pemindahan markas semi permanen dari Pasar Besar ke bangunan permanen di Pasar Turi Pada tahun 1927 hingga pembelian peralatan baru dibiayai oleh pemerintah Gementee Surabaya.
“Pembelian mobil tanggal mekanik sebesar f (gulden) 15.000. Yang berfungsi untuk menjangkau sumber api atau kebakaran yang terjadi di gedung-gedung tinggi,” terangnya.
Chrisyandi Menuturkan, setelah berada di bawah gemeente Surabaya, peralatan de Brandweer  semakin modern. Sebelumnya dulu setiap pos tersebut dilengkapi alat pompa yang digenjot manual secara bergantian oleh petugas pribumi saat terjadi kebakaran. (bersambung/nur)
Sumber:  Radar Surabaya. 14 September 2020. Hal. 3

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *