Sejak 1927, Kantor PMK di Jalan Pasar Turi (12)_Bangunan Kantor Tanpa Sekat untuk Mobilitas Petugas. Radar Surabaya. 23 September 2020. Hal.3. Library

“Bangunan kantor dinas pemadam kebakaran (PMK) Surabaya di Jalan Pasar Turi yang berlantai 2 memang tak mengalami perubahan fisik yang signifikan sejak dibangun pada tahun 1927. bangunannya pun dibiarkan terbuka sampai kini,” Rahmat Sudrajat. 

            Pustakawan sejarah dari Universitas Ciputra Surabaya, Chrisyandi Tri Kartika mengatakan, bangunan kantor Dinas PMK dibiarkan terbuka tanpa sekat tujuannya untuk mobilitas petugas jika sewaktu-waktu ada kejadian kebakaran yang memerlukan kesigapan dan kecepatan.

Bahkan di sisi atas terdapat dua ventilasi udara dengan gaya khas ornamen Jawa perpaduan. “Angin-anginnya (ventelasi, red) ada dua di atas di sisi barat dan timur, ya ini beda dengan gedung yang lain. Ini mungkin dirancang agar sirkulasi udara terjaga dan tidak menyebabkan kelembaban pada gedung tersebut,” katanya.

Selain itu, adanya lorong yang panjang dulu juga untuk lalu-lalang para petugas, lorong tersebut ada di sisi timur gedung. “Tapi kini sudah dirombak sebagian untuk penjagaan,” imbuhnya.

Sementara itu, itu pengamat sejarah Kota Surabaya, Prof Purnawan Basundoro mengatakan, upaya Pemkot Surabaya dalam merawat bangunan Kota Tua sudah dimulai sejak 1996. Yakni ketika 80 bangunan di penjuru Kota Pahlawan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya dengan surat keputusan (SK) walikota.

Bahkan bukan hanya dicat, namun yang paling penting konteks merawatnya adalah memanfaatkannya sesuai fungsinya. “Dalam langkah mengenal peninggalan dan bukti-bukti peninggalan Kota Surabaya, selain dirawat juga ditawarkan kepada publik untuk dinikmati,” katanya.

Selain itu, guru besar ilmu sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga ini juga mengatakan perlunya keterlibatan masyarakat untuk menjaga dan merawat bangunan cagar budaya. Sehingga ada sinergi antara masyarakat, pemilik bangunan dan Pemkot Surabaya. (bersambung/Jay)

Sumber: Radar Surabaya. 23 september 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *